Analisis praktek pembelajaran daring persamaan garis lurus berbantuan media geogebra melalui google sites

Muhammad Ainur Rizqi, Subanji Subanji

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pembelajaran daring persamaan garis lurus berbantuan media geogebra melalui google site. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh berdasarkan respon pembelajaran siswa pada setiap pertemuan, wawancara dengan guru, dan angket refleksi pada akhir pertemuan. Penelitian dilakukan di kelas 8B MTsN 1 Kota Malang dengan 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan siswa yang memberikan respon dengan baik, telah melalui tahap pemberian rangsang, pengumpulan data, pengolahan data, pengujidan, dan pemberikan kesimpulan dengan baik. Sementara siswa yang memberikan respon kurang memuaskan telah melakukan tahap pemberian rangsang dan pengambilan kesimpulan dengan baik, namun tidak melakukan tahap menyatakan masalah, mengumpulkan data, dan pengolahan data. Selain itu siswa yang memberikan respon dengan baik pada pertemuan pertama sebanyak 31%, pada pertemuan kedua 63%, pada pertemuan ketiga 22%, dan pada pertemuan keempat 9%. Penurunan respon siswa dipengaruhi oleh tingkat stres dan banyaknya tugas sebesar 57%, serta ketidakmampuan siswa mengoperasikan geogebra dengan baik 31%.


Full Text:

PDF

References


Hernawati, K., & Surjono, H. D. (2019). Improving trigonometry learning motivation using Geogebra-Assisted Guided Discovery Student Worksheet (GDSW). Journal of Physics: Conference Series, 1320(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1320/1/012082

Isman, M. N. (2016). Pemanfaatan Program Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 10–19.

Jusufi, S., & Kitanov, S. (2019). Effectiveness of Using GeoGebra in Mathematics. June, 27–29.

Kamariah, A. B., Ahmad Fauzi, M. A., & Rohani, A. T. (2010). Exploring the effectiveness of using GeoGebra and e-transformation in teaching and learning Mathematics. Advance Educational Technologies, January, 19–23.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud No. 22 Tahun 2016: Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 4 Tahun 2020.

Livana, Mubin, M. F., & Basthomi, Y. (2020). Penyebab Stres Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnsl Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203–208.

Mailizar, Almanthari, A., Maulina, S., & Bruce, S. (2020). Secondary school mathematics teachers’ views on e-learning implementation barriers during the COVID-19 pandemic: The case of Indonesia. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(7). https://doi.org/10.29333/EJMSTE/8240

Mayangsari, S. N., & Mahardhika, L. T. (2019). Characteristics of learning media that motivate. European Journal of Research in Social Sciences, 7(1), 56–64. http://www.idpublications.org/wp-content/uploads/2019/01/Full-Paper-CHARACTERISTICS-OF-LEARNING-MEDIA-THAT-MOTIVATE.pdf.

Murni, V., Sariyasa, S., & Ardana, I. M. (2017). GeoGebra Assist Discovery Learning Model for Problem Solving Ability and Attitude toward Mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012049

Ormrod, J. (2016). Human Learning (seventh ed). Pearson Education.

Shadaan, P., & Leong, K. E. (2013). Effectiveness of Using GeoGebra on Students’ Understanding in Learning Circles. Malaysia Online Journal of Educational Techology, 1(4), 1–11.

Sihwidi, J. (2016). Penggunaan Geogebra untuk Meningkatkan Aktivitas dan Penguasaan Kompetensi Transformasi Geometri di SMKN 1 Tulang Bawang Tengah. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 3(4), 208–220.

Son, C., Hegde, S., Smith, A., Wang, X., & Sasangohar, F. (2020). Effects of COVID-19 on College Students’ Mental Health in the United States: Interview Survey Study. Journal of Medical Internet Research, 22(9), e21279. https://doi.org/10.2196/21279

Wassie, Y. A., & Zergaw, G. A. (2019). Some of the potential affordances, challenges and limitations of using GeoGebra in mathematics education. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(8). https://doi.org/10.29333/ejmste/108436

Wati, S., Fitriana, L., & Mardiyana. (2018). Students’ difficulties in solving linear equation problems. Journal of Physics: Conference Series, 983(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012137

Yohanes, B., Subanji, & Sisworo. (2016). Beban Kognitif Siswa Dalam Pembelajaran Materi Geometri. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 1(2), 187–195.

Zetriuslita, Nofriyandi, & Istikomah, E. (2019). The effectiveness of Geogebra-assisted direct instruction learning in improving students’ mathematical communication skill viewed from academic level. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012049

Zulnaidi, H., & Zamri, S. N. A. S. (2017). The effectiveness of the geogebra software: The intermediary role of procedural knowledge on students’ conceptual knowledge and their achievement in mathematics. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(6), 2155–2180. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.01219a




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.7621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats