Analisis butir soal penilaian akhir tahun mata pelajaran matematika menggunakan software anates

Nurul Amelia, Paridjo Paridjo, Ibnu Sina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan tingkat kesukaran, daya pembeda, dan keefektifan pengecoh butir soal Penilaian Akhir Tahun mata pelajaran matematika menggunakan software Anates di SMK Nurul Islam, (2) mendeskripsikan persentase kualitas tingkat kesukaran, daya pembeda, dan keefektifan pengecoh butir soal Penilaian Akhir Tahun mata pelajaran matematika menggunakan software Anates di SMK Nurul Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Data penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan software anates. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Butir soal penilaian akhir tahun mata pelajaran matematika menggunakan Software Anates untuk tingkat kesukaran cenderung dalam kategori sukar, daya pembeda cenderung dalam kategori sangat buruk, dan untuk keefektifan pengecoh cenderung ke dalam kategori baik. (2) Dari total 40 butir soal penilaian akhir tahun dari segi tingkat kesukaran bahwa 6 butir soal (15%) dalam kategori sukar, 22 butir soal (55%) dalam kategori sedang, dan 12 butir soal (30%) masuk dalam kategori sangat sukar. Dari segi daya pembeda, 14 butir soal (35%) kategori sangat buruk, 5 butir soal (12%) kategori buruk, 2 butir soal (5%) kategori cukup, 11 butir soal (28) kategori baik, dan 8 butir soal (20%) kategori sangat baik. Serta dari segi keefektifan pengecoh bahwa 8 butir soal (20%) dalam kategori kurang baik, 12 butir soal (30%) dalam kategori cukup baik, 17 butir soal (42%) dalam kategori baik, dan terdapat 3 butir soal (8%) dalam kategori sangat baik.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Daryanto. (2012). Dasar Konsep Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Hartono, B., Suniasih, I. W., & Wiarta, I. W. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Asesmen Portofolio Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengetahuan Matematika dan Sikap Spiritual Tema Cita-citaku Siswa Kelas IV SD N 11 Peguyangan. Mimbar PGSD Undiksha.

Jonathan, S. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Octavia, Y. M. (2014). Analisis Butir Soal Ulangan Tengah Semester II Mata Pelajaran Matematika Kelas IV MIN Jejeran Bantul Tahun Ajaran 2013/2014. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Riswanda, R. (2015). Analisis Butir Soal Ulangan Mid Semester Kompetensi Keahlian Memperbaiki Sistem Pelumasan dan Pendinginan Kelas XI Semester I Program Keahlian TKR SMK Negeri 2 Pengasih Kulon Progo Tahun 2013/2014. Yogyakarta.

Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sukardi. (2009). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v12i3.8356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats