Systematic literature review: pengaruh motivasi terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa

Nungki Anditiasari, Emi Pujiastuti, Bambang Eko Susilo

Abstract


Motivasi merupakan salah satu hal terpenting untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Dengan motivasi yang dimiliki seorang siswa, akan membuat siswa semakin bersemangat untuk mencari ide atau gagasan ketika mereka menghadapi suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur review terkait dengan pengaruh motivasi terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mengidentifikasi atau menelaah semua artikel yang memiliki topik penelitian yang sama pada penelitian ini. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 39 artikel jurnal nasional dan internasional yang diperoleh dari google scholar dan scimago jr. Dari penelitian ini didapat bahwa motivasi berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Guru yang kreatif, media pembelajaran, suasana kelas, dan metode/model pembelajaran yang tepat menjadi penunjang meningkatnya motivasi belajar siswa sehingga kemampuan berpikir kreatif siswa juga menjadi lebih baik.

Kata kunci : Berpikir Kreatif, Motivasi, Pengaruh.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, I. H. (2013). Berpikir Kritis Matematik. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 66–75.

Abdurrozak, R., Jayadinata, A. K., & ‘atun, I. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 871–880.

Amirullah, R., & Yunus, M. (2016). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Tes (Pencapaian Hasil Belajar) Siswa Di Smp Negeri 3 Banda Aceh. 1(1), 96–109.

Anggraini, E., & Zulkardi, Z. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Mem-posing Masalah menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Jurnal Elemen, 6(2), 167–182.

Annisa, A. N. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa di Sekolah. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 1.

Asih, K. S., Isnarto, Sukestiyarno, & Wardono. (2019). Resiliensi Matematis pada Pembelajaran Discovery Learning dalam Upaya Meningkatkan Komunikasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 862–868.

Bahrudin, E. R., Yuli, T., & Siswono, E. (2020). Mathematics Anxiety and Students ’ Creative Thinking Process in Solving Number Patterns Problems. 2(1), 8–17.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140.

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup Dan Motivasi Belajar Terhadap. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 168–181.

Eftafiyana, S., Nurjanah, S. A., Armania, M., Sugandi, A. I., & Fitriani, N. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Smp Yang Menggunakan Pendekatan Creative Problem Solving. Teorema, 2(2), 85.

Elfiani, F. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII F MT S MA ’ ARIF NU 1 Wangon Melalui Pembelajaran Ideal Problem Solving. AlphaMath Journal of Mathematics Education, 3(2), 27–35.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172.

Ermistri, A. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Berpikir Kreatif Matematis Pada Siswa Di Kelas Vii Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(6), 217073.

Faturohman, I., & Afriansyah, A. E. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 107–118.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 0812(2019), 181–187.

Habibah, S. U., Fathani, A. H., & Nursit, I. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Resiliensi Matematis Siswa yang Memiliki Kegemaran Bidang Seni Kaligrafi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 1.

Heriyati, H. (2017). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 22–32.

Ika, A (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Berpikir Kreatif Matematis Pada Siswa Si KElas VII SMP. Untan.6(6)

Kadir, A., & Munawwarah, R. Al. (2020). YUME : Journal of Management Pengaruh Pengelolaan Kelas dan Kinerja Guru terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik melalui Motivasi Belajar. 3(3), 51–64.

Khoiriyah, U. (2018). Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Mtsn 1 Jombang. Al-Idaroh Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 49–64.

Kumarurung, J. (2020). Peran Media Pembelajaran TV Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD N 2 Tataaran Pada Masa Covid-19. Dinamika Pembelajaran, 2(2), 18–25.

Kurniasari, E., Wibowo, S. B., & Murwani, J. (2020). Pengaruh Media Android Dan Paper Untuk Evaluasi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa. FIPA, 8(1), 240–247.

Maharani, H. R., Waluya, S. B., & Sugianto. (2015). Humanistic Mathematics Learning With Creative Problem Solving Assisted Interactive Compact Disk to Improve Creative Thinking Ability. International Journal of Education and Research, 3(1), 207–216.

Maria, Y., & Marbun, R. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp. Jurnal MATEMATICS PAEDAGOGIC, V(2), 111–120.

Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (Mmp). Jurnal Formatif, 5(1), 14–25.

Meika, I., & Sujana, A. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sma. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 8–13.

Nenta Dumalia Siregar, Edy Surya. (2017). Penggunaan Mathmagic dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kreano, 8 (1).

Nugraha, M. G., & Awalliyah, S. (2016). Analisis Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas Vii. V, SNF2016-EER-71-SNF2016-EER-76.

Nur Ajeng Maftukhah, Khomsun Nurhalim & Isnarto. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Model Connecting Organizing Reflecting Extending Ditinjau dari Kecerdasan Emosional. JPE, 6 (3).

Nurhidayah, D. A. (2015). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika SMP. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 13–24.

Patmawati, K., Puspitasari, N., Mutmainah, S. N., & Prayitno, B. E. (2019). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Mahasiswa. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 7(2), 11–18.

Pratiwi, L. ajeng, Dwijanto, & Wijayanti, K. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Pembelajaran Read , Think , Talk , Write Ditinjau dari Kecemasan Matematika. Prisma, Prosicing Seminar Nasional Matematika, 2, 576–582.

Prihatiningsih, M., & Ratu, N. (2020). Analisis Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 353–364.

Qomariyah, D. N., & Subekti, H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif: Studi Eksplorasi Siswa Di Smpn 62 Surabaya. PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS, 9(2), 242–246.

Rizki Nur Amalia, Rochmad, Muhammad Kharis. (2019). Efektivitas Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VII pada Problem Based Learning Bertema. PRISMA, 2.

Sanusi, A. M., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Menggunakan Education Game Berbantuan Android pada Barisan dan Deret. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 511–520.

Sari, I. P., & Yunarti, T. (2015). Open-Ended Problems untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 315–320.

Sartika, & Octafiani, M. (2019). Pemanfaatan Kahoot untuk pembelajaran matematika siswa kelas X pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Journal On Education, 01(03), 373–385.

Khalifudina U. A, Prambudi. A, Hidayah. I. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model DL Berbantuan Kartu Domino Materi Operasi Bilangan Pecahan Kelas VII. Journal On Prisma 2.

Siswono, T. Y. E. (2010). Leveling Student’s Creativity in Solving and Posing Matehematical Problem. IndoMS. J.M.E, 1(1), 17–40.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 3(1), 73–82.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63.

Turiman. (2018). Pengaruh Pembelajaran Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Koneksi Matematika Serta Motivasi Belajar Siswa SMP. PRISMA Volume VII, No. 2.

Usatnoby, M. C. ., Amsikan, S., & Mamoh, O. (2020). Pengaruh Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 4 Sigi. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika Volume, 5(2), 53–60.

Utami, A.F. Masrukan, Arifudin, R. (2014) .Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Model Taba Berbantuan Geometer’s Sketchpad. Jurnal Kreano, 5 No (1).

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Serta. Edusentris Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 43–48.

Warif, M. (2019). Kata Kunci: Strategi, Guru, Peserta Didik, Malas, Belajar. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 33–40.

Zaenal Abidin, Tri Mulyono Edi Saputro. (2011). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Siswa pada Materi Geometri dan Pengukuran Melalui Kegiatan “Remase” di SMP 33 Semarang. Jurnal Kreano, 2 (2).




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v12i2.8884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats