Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Dusun Mrico Desa Lebak Melalui Usaha Keripik Singkong Aneka Rasa

Abdul Rohman, Heni Rizqiati, Putri Nur Anggraini, Satrio Yudho Widiantoro

Abstract


Tujuan PKMM ini adalah memberikan pelatihan pengolahan tanaman singkong menjadi aneka makanan olahan yang bernilai ekonomi tinggi. Target kegiatan PKMM ini adalah memberikan pelatihan kepada ibu rumah tangga di Dusun Mrico Desa Lebak, Grobogan. Setelah diberikan pelatihan maka selanjutnya mereka akan melakukan praktek secara terbimbing dan dilakukan pendampingan usaha. Pelatihan dilakukan secara berkelompok dengan pendekatan andragogi. Materi pelatihan disajikan dengan lebih banyak praktek dari teori, dengan rasio perbandingan 30 % teori dan 70 % praktek. Pelaksanaan PKMM telah memberikan pengetahuan kepada peserta pelatihan tentang diversifikasi olahan singkong, pengemasan dan pelabelan, sertifikasi cara produksi pangan yang baik, tata letak produksi, kewirausahaan, perhitungan harga jual dan titik impas, serta materi praktek pengembangan produk yang meliputi pembuatan keripik singkong aneka rasa. Pengabdian berjalan dengan baik karena adanya koordinasi yang baik antara ketua tim PKMM dengan anggota tim PKMM dan juga komunikasi yang baik dengan pihak eksternal mitra untuk menjalin kerja sama yang berkelanjutan. Namun demikian, masih ada satu kendala yaitu mindset warga yang masih sulit berubah menjadi wirausaha. Oleh karena, untuk merubah mindset tersebut tim PKMM akan fokus di lokasi pelatihan dan memberikan pendampingan dalam pemasaran produk keripik singkong yang dihasilkan.


Keywords


Dusun Mrico; Keripik Singkong; Peningkatan Ekonomi

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2013. Manfaat Singkong dan Kandungan Nutrisi. http://www.gen22.net/2013/04/manfaat-singkong-kandungan-nutrisi-dan.html. diakses pada Sabtu, 19 April 2014 pukul 10.35 WIB.

Buckle, K. A., Edward, R. A., Fleet, G. H.,& Wooton, M. 1987. Ilmu Pangan. Terjemahan dari Hari Purnomo dan Adiono. Jakarta: UI Press.

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. 2016. Panduan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Kemenristek Dikti.

Widowati, S dan Damardjati, D.S. 2001. Menggali Sumberdaya Pangan Lokaldalam Rangka Ketahanan Pangan. Majalah Pangan No 36/X/Jan/2001. Bulog, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/e-dimas.v9i1.1450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

                                       

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.