IbM Pemberdayaan Anak Panti Asuhan

Krisna Setiawan, Paulus Pasau

Abstract


Upaya pihak panti asuhan untuk meningkatkan keterampilan anak-anak panti asuhan terkendala kurangnya keterampilan budidaya pertanian pada lahan sempit serta minimnya keterampilan mengolah produk pangan yang bernilai ekonomis dan manajemen usaha kecil. Tujuan dari penerapan kegiatan IbM ini adalah untuk mengatasi masalah tersebut yaitu mengembangkan sistem pertanian vertikultur dengan menggunakan pupuk organik cair dan pestisida nabati yang dibuat sendiri dari limbah rumah tangga yang bersifat organik. Selain itu mitra juga mampu mengolah produk pertanian menjadi produk olahan pangan bernilai ekonomis dan mengelola usaha kecil secara mandiri dalam rangka meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan penghuni panti asuhan. Metode pelaksanaan  meliputi  demonstrasi dan praktik, pendampingan dan evaluasi secara terstruktur terhadap berbagai hal yang menjadi kendala dalam upaya memberdayakan anak-anak panti asuhan tersebut. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa semua tahapan kegiatan dapat berjalan baik dengan keberhasilan mencapai 90% lebih. Kegiatan di kedua mitra diawali dengan pembuatan rak vertikultur berbahan bambu serta instalasi sistem vertikultur menggunakan paralon, budidaya sayuran dan buah organik, pembuatan pupuk organik cair dan pestisida nabati, pengolahan pangan dan manajemen usaha kecil. Kedua mitra aktif dan antusias mengikuti semua tahapan kegiatan


Keywords


panti asuhan; vertikultur; pengolahan pangan; manajemen usaha

Full Text:

PDF

References


Firmansyah M.A. 2011. Peraturan Tentang Pupuk, Klasifikasi Pupuk Alternatif dan Peranan Pupuk Organik dalam Peningkatan Produksi Pertanian. Makalah disampaikan pada Apresiasi Pengembangan Pupuk Organik, di Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah, Palangka Raya, 2-4 Oktober 2011.

Mutaqin dan Totok Heru TM. 2010. Pengelolaan Sampah Limbah Rumah Tangga dengan Komposter Elektrik Berbasis Komunitas. Jurnal Litbang Sekda DIY Biro Adm Pembang, 2 (2). ISSN 2085-9678.

Poerwadarminta, 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Santi S S. 2008. Kajian Pemanfaatan Limbah Nilam untuk Pupuk Cair Organik dengan Proses Fermentasi. Jurnal Teknik Kimia, 2(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/e-dimas.v8i2.1453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

                                      

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.