Sosialisasi dan Workshop Pemanfaatan Quipper School untuk Optimalisasi Jam Pembelajaran di MAN 1 Ponorogo

Indah Puji Astuti, Dwiyono Ariyadi, Ghulam Asrofi Buntoro

Abstract


MAN 1 Ponorogo merupakan salah satu sekolah madrasah aliyah di kabupaten Ponorogo yang memiliki ekstra kegiatan berbasis komputer. Hal ini berdampak bertambahnya jam pelajaran. Untuk mengoptimalkan intensitas jam pelajaran diharapkan guru bisa menggunakan media pembelajaran yang sekarang tersedia secara online, salah satu contohnya adalah media ajar e-learning. E-learning adalah salah satu wujud peran dunia IT dalam bidang pendidikan. Konsep e-learning yaitu pembelajaran yang menggunakan teknologi komunikasi dan informasi (TIK) untuk mentransformasikan proses pembelajaran antara pengajar dan peserta didik dengan bantuan media internet, sehingga dapat diakses dimana saja diluar jam sekolah. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mensosialisasikan penggunaan media belajar e-learning Quipper School pada guru dan siswa di MAN 1 Ponorogo. Jumlah keseluruhan peserta adalah 41, terdiri dari 17 guru dan 24 siswa. Dari kuesioner yang disebarkan ke peserta, yang menyatakan bahwa media e-learning quipper school menyediakan isi yang sangat sesuai dengan kebutuhan sebanyak 40 orang dari jumlah total 41 peserta. Dengan demikian 0.97% peserta setuju dengan penggunaan quipper school untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. 


Keywords


E-Learning; MAN 1 Ponorogo; Media Pembelajaran; Quipper School

Full Text:

PDF

References


Cahyono, YD. 2015. E-learning (EDMODO) sebagai Media Pembelajaran Sejarah. Jurnal Penelitian, 18(2)

Ishafit, Setyawan H. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Elektronik Quipper School Menggunakan Metode CTL untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 2 Temanggung Tahun Pelajaran 2014/2015 pada Konsep Getaran Gelombang Bunyi. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXIX. Yogyakarta.

Trisnaningsih, S. 2016. Pengembangan Learning Management System Quipper School pada Pembelajaran Materi Sistem Pertahanan Tubuh untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(6)

Uma, E. R. 2015. Pemanfaatan Quipper School di Kalangan Siswa SMA (Studi Deskriptif tentang Pemanfaatan Quipper School sebagai Media Pendukung Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Jombang). Surabaya: Universitas Airlangga.

Wijayanti, R. A.R. 2016. Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dengan BAntuan Penggunaan Media Quipper School. Jurnal Apotema, 2(1)




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/e-dimas.v9i1.1583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

                                       

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.