Strategi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Penjualan Produk Tepung Mocaf bagi Kelompok Wanita Tani Mawar Payak Pati

Ahmad Saefudin, Anna Nofita, Muhammad Wahyudi, Khoiru Nikmah, Ika Sari Nurfitriani

Abstract


Artikel ini mendeskripsikan implementasi strategi pemasaran digital sebagai kunci dalam meningkatkan penjualan produk tepung mocaf bagi Kelompok Wanita Tani Mawar. Dengan pendekatan partisipatif dan metode Participatory Action Research (PAR), Tim Pengabdian mengembangkan langkah-langkah strategis yang meliputi observasi mitra, pelatihan pemasaran digital, analisis data penjualan, dan pendampingan promosi melalui media sosial. Hasilnya mencerminkan perubahan positif dalam eksposur produk di platform digital. Dengan dukungan dalam pembuatan konten, label, dan promosi online, mitra berhasil memanfaatkan media sosial dan marketplace untuk meningkatkan pangsa pasar dan meningkatkan penjualan produk. Namun, tantangan seperti keterbatasan teknologi dan adaptasi terhadap perubahan digital juga diatasi. Dengan pendekatan holistik, kelompok berhasil mengatasi hambatan ini dan mengoptimalkan pemasaran digital untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Artikel ini memberikan pandangan praktis bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pedesaan dan lembaga pendidikan untuk menerapkan strategi serupa dalam mengembangkan pemasaran produk melalui platform digital. Implikasi pengabdian ini merangsang potensi perkembangan ekonomi dan pemberdayaan wanita tani dalam skenario global yang semakin terhubung secara digital.


Keywords


strategi pemasaran digital; tepung mocaf; kelompok wanita tani mawar; penjualan produk; Partisipatory Action Research (PAR)

Full Text:

PDF

References


Adhrianti, L., & Alfarabi, A. (2022). Digitalisasi UMKM: Pemanfaatan Media Social sebagai Strategi Digital Marketing Produk UMKM Guna Meningkatkan Brand Awareness dan Penjualan Produk UMKM. Bengawan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 1–13.

Admin. (2022). Tepung Mocaf sebagai Pengganti Tepung Terigu. https://perindag.slemankab.go.id/berita/tepung-mocaf-sebagai-pengganti-tepung-terigu/

Afandi, A. (2020). Participatory Action Research (PAR) Metodologi Alternatif Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. Workshop Pengabdian Berbasis Riset Di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 53(9), 1689–1699.

Azdi, S. L. P., Taufiqoh, M. N. F., Syafhil, Z. S., Cahya, F. G., Utami, S. W., & Kartika, L. (2020). Young Cassavapreneurs Indonesia: Strategi Pembelajaran Kewirausahaan “Lawang Lima Sampeureun Jaga” di Desa Benteng. Agrokreatif: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 79–88. https://doi.org/10.29244/agrokreatif.6.1.79-88

Hadistio, A., & Fitri, S. (2019). Tepung Mocaf (Modified Cassava Flour) Untuk Ketahanan Pangan Indonesia. Jurnal Pangan Halal, 1(1), 13–17.

Hasnah, R. M. (2021). Peran Industri Usaha Kecil Menengah Tepung Mocaf Q-Tela Dalam Peningkatan Pendapatan di Kelurahan Sidomulyo Timur Kecamatan Marpoyan Damai. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Ilmiah, I., & Nanik Hariyana. (2023). Pendampingan dan Penerapan Branding Produk sebagai Strategi Pemasaran UMKM “Rempeyek Mak Sri.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(3), 1627–1634.

Kamil, I., Bakri, A. A., Salingkat, S., Ardenny, A., Tahirs, J. P., & Alfiana, A. (2022). Pendampingan UMKM melalui Pemanfaatan Digital Marketing pada Platform E-Commerce. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2), 517–526.

Raharja, S. J., & Sari Usih Natari. (2021). Pengembangan Usaha UMKM di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan dan Pengelolaan Media Digital. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108–123. https://doi.org/10.47492/eamal.v2i1.1237

Rahman, A. S., Sembodo, C., Kurnianingsih, R., Razak, F., & Amin, M. N. K. Al. (2021). Participatory Action Research Dalam Pengembangan Kewirausahaan Digital di Pesantren Perkotaan. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(1), 85–98.

Sunardi, Ngatirah, & Nofiyanto, O. (2015). Pengaruh substitusi Tepung Mocaf dan Penambahan Tepung Pisang Terhadap Sifat-Sifat Brownies. Seminar Nasional & Pameran Produk Pangan 2015 Inovasi Teknologi Untuk Memperkuat Peran Industri Menuju Akselerasi Menuju Akselerasi Pemenuhan Pangan Nasional, 13–23.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i4.16613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.