Sosialisasi Pengelolaan Limbah Industri Batik pada Program IbPUD Kerajinan Batik Bakaran di Kabupaten Pati Jawa Tengah

Abdul Hoyyi, Sugito Sugito, Hasbi Yasin

Abstract


Batik Bakaran merupakan batik tulis khas Kabupaten Pati yang berasal dari Desa Bakaran, Kecamatan Juwana Jawa Tengah. Proses pembuatan batik tulis tidak terlepas dari apa yang dinamakan limbah. Limbah industri batik terdiri atas limbah cair, limbah padat dan limbah gas. Pengelolaan limbah yang kurang baik akan mengakibatkan pencemaran lingkungan dan bisa merusak ekosistem sekitarnya. Oleh karenanya perlu dilakukan sosialisasi pengelolaan limbah terhadap UKM-UKM Batik di Desa Bakaran Juwana Pati dengan narasumber dari Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) Yogyakarta. Metode pelaksanaan dilakukan dengan paparan materi dan diskusi aktif dengan UKM. Penanganan limbah bisa dilakukan melalui tahapan proses yaitu proses Kimia, proses Fisika dan proses Biologi. Dalam sosialisasi ini dibahas beberapa teknik pengelolaan limbah, dan lebih difokuskan kepada proses pada IPAL batik BBKB Yogyakarta. Tahapan prosesnya adalah: penyisihan lilin, pengendapan, koagulasi dan flokulasi, proses Biologi dan absorbsi arang aktif. Kegiatan ini diakhiri dengan kunjungan langsung dari BBPK ke lokasi pembuangan limbah industri batik.


Keywords


Batik Bakaran; Limbah; BBKB

Full Text:

PDF

References


Eskani, I. N., Carlo, I. D., dan Sulaiman. 2005. Efektivitas Pengolahan Air Limbah Batik dengan Cara Kimia dan Biologi. Majalah Ilmiah Dinamika Kerajinan dan Batik, 22: 16-27.

Junaedi, A.F dan Hasanah, U.A. 2014. Penyuluhan tentang Limbah Rumah Tangga. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan. 3 (2): 111-114.

Balai Besar Kerajinan dan Batik Yoyakarta (BBKB). 2017. Materi Sosialisasi Pengelolaan Limbah. BBKB Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/e-dimas.v9i2.1785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

                                       

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.