Peningkatan Literasi Gizi Seimbang Berbasis Permainan Interaktif Melalui Playbook Nutrition
Abstract
Literasi mengenai gizi seimbang menjadi hal yang diperlukan sebagai pemahaman dalam pemenuhan gizi bagi anak-anak di masa pertumbuhannya. Literasi gizi seimbang memiliki urgensi yang tinggi dalam mendukung dan menciptakan generasi yang memiliki wawasan, pengetahuan, dan kepekaan terhadap gizi seimbang. Pada usaha untuk meningkatkan literasi, rumah baca seharusnya dapat menjadi peluang yang tepat. Sayangnya, tingkat literasi di Omah Baca Nur Mizan, Kabupaten Magelang mengalami penurunan akibat kurangnya preferensi buku bacaan yang dapat menarik minat anak-anak. Atas permasalahan tersebut, dilakukan wawancara dan observasi untuk mengetahui kebutuhan dari mitra. Pada akhirnya, muncul sebuah inovasi tentang media literasi interaktif untuk meningkatkan minat baca anak-anak di Omah Baca Nur Mizan yang kemudian diberi nama “Play Book Nutrition”. Media literasi ini berisi edukasi tentang gizi seimbang yang disajikan melalui permainan interaktif untuk anak-anak, sehingga memiliki pembeda dari buku-buku konvensional yang telah ada. Play Book Nutrition tidak hanya menjadi buku bacaan semata melainkan dapat melatih kemampuan pemecahan masalah sesuai dengan paradigma belajar masa kini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dafit, F., Mustika, D., & Melihayatri, N. 2020. Pengaruh Program Pojok Literasi Terhadap Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 4(1), 117–130.
Fahlevi, R,. Yuliani, A., 2021. Pengembangan Game Edukasi Cermat Berbasis Android Untuk Meningkatkan Keterampilan Problem solving Siswa Sma Pada Materi Barisan Dan Deret Geometri. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. (4), 5.
Irianto, P.O., Febrianti, L.Y. 2017. Pentingnya Penguasaan Literasi Bagi Generasi Muda Dalam Menghadapi Mea. The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula. Mei 2017, Semarang, Jawa tengah.. pp. 640-647.
Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 2024. Data Pokok Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. URL: https://dapo.kemdikbud.go.id/sp/3/030815. Diakses 11 Februari 2024.
Nasrullah, N., Almah, H., Tawakkal, T., Utari, N.A. 2021. Peran Rumah Baca Pinisi Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Kelurahan Terang-Terang Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba. Jurnal Ilmu Perpustakaan. (3), 2.
Nasrullah, Tawakkal. 2021. Peran “Rumah Baca Kolong†dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Dusun Maccini Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. Jurnal Perpustakaan dan Informasi. 1, 46–52.
Noordyanto, N., Ramadhani, N., Sayatman. 2023. Poster Edukasi Gizi Seimbang: Sarapan “Isi Piringku Sekali Makan†Pada Anak Usia Sekolah di Madura. Jurnal DeKaVe. (16), 1.
Pemerintah Kabupaten Magelang. 2024. Data Penduduk Desa Banyuwangi. https://desabanyuwangi.magelangkab.go.id/First/data_dusun. Diakses 10 Februari 2024
Sintiawati, N. 2021. Peran “Rumah Baca Taman Sekar†Dalam Mengembangkan Literasi Anak Melalui Lomba Menulis Surat. Skripsi. Universitas Islam Nusantara.
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v16i2.20387
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat has been indexed in:
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.