Penguatan Branding Produk dan Digital Marketing UMKM Kopi Desa Tiris

Reihan Alfarisi, Aifi Umdatul Khoiroh, Monica Rahman, Hariz Safiudin Riqqoh, Atok Syihabuddin

Abstract


Branding produk dan digital marketing menjadi sangat penting bagi para pelaku UMKM di era modern ini agar produk mereka memiliki identitas yang melekat dan dapat dipasarkan secara lebih luas. Pelaku UMKM kopi bubuk di Desa Tiris, Probolinggo masih banyak yang belum memahami pentingnya membentuk identitas produk mereka sendiri dan tidak semua bisa memanfaatkan perkembangan teknologi dengan baik, terutama para pelaku usaha yang sudah memasuki usia tua. Pengembangan branding UMKM dan peningkatan pemasaran digital menjadi fokus utama penelitian. Penelitian ini melibatkan partisipasi aktif dari pelaku UMKM kopi bubuk di Desa Tiris,  Langkah awal melibatkan identifikasi masalah melalui survei, selanjutnya diikuti dengan pelatihan desain branding dan digital marketing. Implementasi pelatihan digitalisasi ini tidak hanya meningkatkan kemandirian pelaku UMKM tetapi juga memberdayakan ekonomi digital. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kualitas desain marketing dan pemahaman pelaku UMKM terkait pemanfaatan teknologi digital dalam pemasaran online.

Keywords


pengembangan pemasaran; UMKM; produk kopi; digital marketing; branding produk

Full Text:

PDF

References


Hastuti, D. S. (2018). Robusta , Karena Kopi Robusta Rasanya Lebih Pahit , Sedikit Asam Dan Mengandung Kafein Lebih. 9–11.

Mahardhika, D. A., Antonius, A. H., & Dwiloka, B. (2022). Perbedaan Sifat Fisikokimia dan Organoleptik Produk Kopi Rempah dari Kopi Arabika (Coffea arabica) dan Kopi Robusta (Coffea robusta). Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan, 11(4), 179–184. https://doi.org/10.17728/jatp.13827

Niam, F., Rumahlewang, E., Umiyati, H., & Mola, R. (2024). Metode Penelitian Kualitatif. In General and Specific Research (Vol. 4, Issue 2). https://adisampublisher.org/index.php/edu/article/view/744/784

Pasaribu, M. K., Larasati, A. N., Siahaan, D. F., & Manik, B. (2023). Upaya Peningkatan Penjualan pada UMKM Tahu Sumedang Putri Deli Medan melalui Kemasan Ramah Lingkungan dan Strategi Digital Marketing. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 57–67. https://doi.org/10.53299/bajpm.v3i1.275

Riska Amalia, Siti Syaodah, Susilawati Susilawati, & Riki Gana Suyatna. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Studi Kasus Batik Tedjo.

Saidi, B. B., & Suryani, E. (2021). Evaluasi Kesesuaian Lahan Untuk Pengembangan Kopi Liberika Di Kabupaten Tanjung Jabung Timur Jambi. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 5(1), 1–15. https://doi.org/10.22437/jiituj.v5i1.12884

Saputro, H., Winarso, R., Prakoso, T., Gunawan, B., Nugraha, F., & Mulyani, S. (2024). Optimalisasi Pemasaran Produk Kopi Kelompok Tani Desa Gunungsari Melalui Penerapan Platform Digital. 15(3), 485–491.

Setiawati, S. D., Retnasari, M., & Diny Fitriawati. (2019). Strategi Membangun Branding Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. JURNAL ABDIMAS BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 125–136.

Sofyan, S. (2017). Peran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dalam Perekonomian Indonesia. Bilancia, 11(1), 32.

Wardani, A. N., & Fitra, J. (2023). Pengaruh Viral Marketing, Product Quality dan Desain Interior terhadap Keputusan Pembelian di Restoran Mie Kiro Gombong. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 5(3), 234–246. https://doi.org/10.32639/jimmba.v5i3.446

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v16i2.20601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visitor Statistics View My Stats

E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat has been indexed in:

                   

Creative Commons License

E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.