Penguatan Kompetensi Instruktur Asesmen Aktivitas Fisik Siswa pada MGMP Penjas SLB Kabupaten Kebumen

Erick Burhaein, Wisnu Guntur Sutopo, Diajeng Tyas Pinru Phytanza, Erika Trisna Melinda, Heidi Wildan Firmansyach, Luri Kusuma Wardani, Chandra 'Ainun Yaqin, Moch Chotim

Abstract


Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas aktivitas fisik siswa disabilitas di Kabupaten Kebumen melalui penguatan kompetensi guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Luar Biasa (SLB) dengan menggunakan asesmen aktivitas fisik berbasis flipbook. Program ini lahir sebagai tanggapan atas permasalahan mitra terkait, yaitu kurangnya alat yang efektif dan mudah diakses untuk mengukur aktivitas fisik siswa disabilitas secara akurat. Guru PJOK di SLB seringkali kesulitan dalam menilai tingkat aktivitas fisik siswa mereka, sehingga dibutuhkan solusi yang praktis dan mudah diaplikasikan. Metode yang digunakan dalam program ini adalah pengembangan instrumen asesmen berbasis flipbook, yang kemudian disertai dengan kegiatan sosialisasi dan pelatihan intensif bagi guru PJOK di SLB. Pelatihan ini berfokus pada cara penggunaan flipbook untuk membantu guru dalam mengidentifikasi dan memantau tingkat aktivitas fisik siswa disabilitas. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penerapan flipbook sebagai alat asesmen efektif meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam mengevaluasi aktivitas fisik siswa secara lebih akurat. Guru merasa terbantu dengan adanya flipbook karena memungkinkan mereka memantau perkembangan fisik siswa secara lebih sistematis. Untuk memastikan keberlanjutan program, dibentuk komunitas guru pengguna asesmen berbasis flipbook, dan diselenggarakan pelatihan lanjutan untuk terus meningkatkan kompetensi guru. Program ini diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan jasmani bagi siswa disabilitas.

Keywords


instrumen pengukuran; flipbook; aktivitas fisik; pendidikan jasmani adaptif; disabilitas

Full Text:

PDF

References


Blair, S. N., & Morris, J. N. (2009). Healthy Hearts—and the Universal Benefits of Being Physically Active: Physical Activity and Health. Annals of Epidemiology, 19(4), 253–256. https://doi.org/10.1016/j.annepidem.2009.01.019

Burhaein, E., & Saleh, M. (2023). Analisis Kebutuhan Instrumen Aktivitas Fisik pada Disabilitas. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 7(3), 818–827. https://doi.org/10.37058/sport.v7i3.8332

Cleland, C., Ferguson, S., Ellis, G., & Hunter, R. F. (2018). Validity of the International Physical Activity Questionnaire (IPAQ) for assessing moderate-to-vigorous physical activity and sedentary behaviour of older adults in the United Kingdom. BMC Medical Research Methodology, 18(1), 176. https://doi.org/10.1186/s12874-018-0642-3

Clina, J. G., Herman, C., Ferguson, C. C., & Rimmer, J. H. (2023). Adapting an evidence-based physical activity questionnaire for people with physical disabilities: A methodological process. Disability and Health Journal, 16(3), 101447. https://doi.org/10.1016/j.dhjo.2023.101447

CRAIG, C. L., MARSHALL, A. L., SJ??STR??M, M., BAUMAN, A. E., BOOTH, M. L., AINSWORTH, B. E., PRATT, M., EKELUND, U., YNGVE, A., SALLIS, J. F., & OJA, P. (2003). International Physical Activity Questionnaire: 12-Country Reliability and Validity. Medicine & Science in Sports & Exercise, 35(8), 1381–1395. https://doi.org/10.1249/01.MSS.0000078924.61453.FB

Domensino, A.-F., Aarts, E., Visser-Meily, J. M. A., Spikman, J. M., & van Heugten, C. (2024). Development and content validity of the cognition in daily life scale (CDL). Neuropsychological Rehabilitation, 1–26. https://doi.org/10.1080/09602011.2024.2343149

Gréaux, M., Moro, M. F., Kamenov, K., Russell, A. M., Barrett, D., & Cieza, A. (2023). Health equity for persons with disabilities: a global scoping review on barriers and interventions in healthcare services. International Journal for Equity in Health, 22(1), 236. https://doi.org/10.1186/s12939-023-02035-w

Haegele, J., Hodge, S., & Shapiro, D. (2020). Routledge Handbook of Adapted Physical Education (J. A. Haegele, S. R. Hodge, & D. R. Shapiro, Eds.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429052675

Kimberlin, C. L., & Winterstein, A. G. (2008). Validity and reliability of measurement instruments used in research. American Journal of Health-System Pharmacy, 65(23), 2276–2284. https://doi.org/10.2146/ajhp070364

Martín-Rodríguez, A., Gostian-Ropotin, L. A., Beltrán-Velasco, A. I., Belando-Pedreño, N., Simón, J. A., López-Mora, C., Navarro-Jiménez, E., Tornero-Aguilera, J. F., & Clemente-Suárez, V. J. (2024). Sporting Mind: The Interplay of Physical Activity and Psychological Health. Sports, 12(1), 37. https://doi.org/10.3390/sports12010037

Morgan, P. J., Barnett, L. M., Cliff, D. P., Okely, A. D., Scott, H. A., Cohen, K. E., & Lubans, D. R. (2013). Fundamental Movement Skill Interventions in Youth: A Systematic Review and Meta-analysis. Pediatrics, 132(5), e1361–e1383. https://doi.org/10.1542/peds.2013-1167

Zhou, T. (2024). The role of pre-service physical education teachers in physical education – A bibliometric and systematic review. Heliyon, 10(7), e28702. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e28702




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i4.20605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.