Pemanfaatan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Visual pada Siswa SMP Kanisius Sumber

Maria Atik Sunarti Ekowati, Moyo Hadi Poernomo, Gabriel Silmano, Unggul Widya Saputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan media pembelajaran dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran visual pada siswa SMP Kanisius Sumber Muntilan. Pembelajaran visual merupakan salah satu strategi yang efektif dalam menyampaikan materi pelajaran, mengingat mayoritas siswa memiliki kecenderungan belajar melalui gambar, diagram, dan media visual lainnya. Penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat membantu siswa memahami konsep-konsep abstrak dengan lebih mudah serta meningkatkan minat dan motivasi belajar mereka. Latar belakang dari penelitian ini adalah tantangan yang dihadapi oleh guru dalam mengoptimalkan pembelajaran di kelas, terutama dalam hal menyampaikan materi yang memerlukan pemahaman visual yang kuat. Dalam beberapa tahun terakhir, metode pembelajaran yang mengandalkan penggunaan media interaktif dan visual semakin populer karena dapat merangsang perhatian dan meningkatkan pemahaman siswa. Namun, masih banyak sekolah yang belum memanfaatkan teknologi secara maksimal dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penting untuk mengeksplorasi penggunaan media pembelajaran dalam konteks ini guna meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan pelatihan bagi guru-guru SMP Kanisius Sumber Muntilan dalam pemanfaatan media pembelajaran berbasis visual. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menggunakan media seperti gambar, video, animasi, dan aplikasi pembelajaran digital yang dapat mendukung efektivitas pembelajaran visual di kelas. Selain itu, penelitian ini juga melibatkan siswa sebagai subjek untuk mengukur tingkat efektivitas pembelajaran yang diterima setelah diterapkannya media visual dalam proses pembelajaran. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan bahwa mayoritas guru merasa lebih percaya diri dan terampil dalam menggunakan media visual dalam pembelajaran. Selain itu, siswa juga melaporkan peningkatan pemahaman terhadap materi pelajaran yang disampaikan menggunakan media pembelajaran visual. Dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat, siswa dapat lebih mudah memahami konsep-konsep yang sulit dan merasa lebih terlibat dalam proses pembelajaran. Aktivitas belajar yang menyenangkan dan menarik juga berkontribusi pada peningkatan motivasi dan prestasi belajar mereka. Secara keseluruhan, penerapan media pembelajaran dalam konteks ini terbukti efektif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran visual pada siswa SMP Kanisius Sumber Muntilan. Dengan pemanfaatan teknologi yang optimal, baik guru maupun siswa dapat merasakan manfaat yang signifikan dalam proses pembelajaran. Diharapkan bahwa penelitian ini dapat menjadi model bagi sekolah-sekolah lain dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pemanfaatan media visual yang inovatif dan sesuai dengan perkembangan zaman.

Keywords


media pembelajaran; pembelajaran visual; efektivitas pembelajaran; teknologi pendidikan; SMP Kanisius Sumber Muntilan

Full Text:

PDF

References


Abduh, M. (2023). Design and Implementation of Visual Learning Media in Middle Schools. Journal of Digital Learning Development.

Brown, M. (2023). Effectiveness of Visual Learning in Science Education. STEM Education Journal.

Dawson, P. (2024). Leveraging Infographics for Effective Learning Outcomes. Journal of Visual Literacy.

Grigorescu, A., et al. (2020). Effective Use of Visual Learning Tools in Classroom Engagement. Journal of Educational Methods.

Impact of Audio-Visual Materials in Teaching & Learning Processes. Library & Information Science Education Network, 2024.

Jackson, C. (2023). Integrating Virtual Reality in Middle School Curricula. Advances in Educational Technology.

Johnson, R. (2023). Assessing the Role of Visual Learning in Educational Equity. Journal of Pedagogical Innovation.

Khan, S. (2022). Visual Aids in Education: Bridging Theory and Practice. Journal of Educational Research.

Lee, J. (2023). Digital Tools and Their Role in Promoting Visual Learning Among Adolescents. Modern Learning Approaches.

Li, X., & Zhang, Y. (2021). Technology-Enhanced Learning Environments for Visual Learners. Educational Technology & Society.

Murphy, H., & Sullivan, B. (2022). Interactive Media and Student Retention: A Case Study. Journal of Instructional Techniques.

Rahman, T., & Dewi, K. (2024). Impact of Multimedia Learning on Student Engagement. Indonesian Journal of Educational Media.

Singh, R., & Patidar, P. (2018). Visual Media's Role in Enhancing Student Motivation. International Journal of Learning Strategies.

Smith, A. (2024). Using Visual Narratives to Enhance Cognitive Learning Skills. International Visual Communication Review.

Visual Language and Visual Learning (VL2). Gallaudet University, 2024.

Williams, J. (2023). Visual Learning: Effective Strategies and Best Practices. Instructure.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v16i3.21000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visitor Statistics View My Stats

E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat has been indexed in:

                   

Creative Commons License

E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.