Pemanfaatan Kopi sebagai Media Pembelajaran Matematika: Pendampingan Guru SD/MI di Kabupaten Aceh Tengah
Abstract
Salah satu penyebab kesulitan dalam pengajaran matematika pada tingkat sekolah dasar adalah terbatasnya media pembelajaran yang tersedia. Padahal, banyak potensi di lingkungan sekitar yang dapat dikembangkan sebagai media pembelajaran matematika, seperti kopi yang merupakan komoditas utama di Kabupaten Aceh Tengah. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali para mitra dampingan, yakni guru-guru SD, dengan kemampuan mengembangkan media pembelajaran berbasis kopi atau lingkungan sekitar, sesuai dengan implementasi Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan adalah Service-Learning. Mitra dampingan adalah 25 orang guru SD anggota PGRI Kabupaten Aceh Tengah, dan seluruh kegiatan berlangsung dari Agustus 2024 hingga Oktober 2024. Hasil dari kegiatan pendampingan ini menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap implementasi Kurikulum Merdeka, keterampilan dalam menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), serta kemampuan menyusun modul pembelajaran dengan menggunakan media dari kopi atau lingkungan sekitar, dan mempraktikkannya dalam bentuk kegiatan pembelajaran dengan rekan sejawat. Selain itu, melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini telah terjalin kerja sama antara Fakultas Tarbiyah IAIN Takengon dan PGRI Kabupaten Aceh Tengah, yang dituangkan dalam nota kesepahaman sebagai dasar dalam melaksanakan kegiatan secara bersama-sama terutama dalam bentuk Tridharma Perguruan Tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baştürk, S. (2018). Evaluation of Pre-School Mathematics Education According to Pre-School Teachers. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:198630687
Celio, C. I., Durlak, J., & Dymnicki, A. (2011). A Meta-Analysis of the Impact of Service-Learning on Students. Journal of Experiential Education, 34(2), 164–181. https://doi.org/10.1177/105382591103400205
Clarke, B., Clarke, D., & Sullivan, P. (1996). The Mathematics Teacher and Curriculum Development BT - International Handbook of Mathematics Education: Part 1 (A. J. Bishop, K. Clements, C. Keitel, J. Kilpatrick, & C. Laborde (eds.); pp. 1207–1233). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/978-94-009-1465-0_34
Gradini, E., Umar, A., Firmansyah, F., Effendi, Y., & Winardi, W. (2024). Fostering Higher Order Thinking Skills in Mathematics Learning: A Scoping Review of Teacher Development Initiatives. Unram Journal of Community Service, 5, 9–14. https://doi.org/10.29303/ujcs.v5i1.570
Hadijah, S., Nur, L., & Siregar, K. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Visual Papan Pecahan pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan DI Kelas IV SD Negeri 105365 Lubuk Bayas. 2(1), 1–19.
Irmayanti, I., Nurjannah, N., Nurjannah, N., Heriyanti, A., Mirna, M., & Sari, F. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Canva Education di MTs Nurul Izzah. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 4(1), 73–82. https://doi.org/10.36908/akm.v4i1.734
Ismiyanti, Y., & Afandi, M. (2022). Pendampingan Guru Sekolah Dasar Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 533. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6462
Kleden, M. A., Atti, A., & Lobo, M. (2021). Pembuatan Dan Pendampingan Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada …. https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/TekMas/article/view/5916
Lestari, P. S., & Utami, R. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kobela Pada Muatan Matematika Kelas 3 Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2626. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6104
Linton, A., & Grant, M. (2020). Developing a Mentorship Practice Through Self-Study. Journal of School Leadership, 30, 238–256. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:213269111
Nurdiansyah, N., & Prahmana, R. C. I. (2017). Pembelajaran keliling lingkaran menggunakan konteks gelas. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 128. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14829
Susanta, A., & Koto, I. (2022). Workshop Penggunaan Media Manipulatif Matematika Materi Pecahan Bagi Guru Sekolah Dasar Bengkulu Selatan. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 20(1), 146–158. https://doi.org/10.33369/dr.v20i1.20974
Taylor, M., HÄwera, N., & Young-Loveridge, J. (2005). Children’s views of their teacher’s role in helping them learn mathematics. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:55133637
Umar, A., B, F., & Lubis, N. A. (2023). Topik Matematika yang Sulit Diajarkan oleh Guru SMP: sebuah Penelitian Survei. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 11(4), 261–273. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v11i4.pp261-273
Utilova, A. M. (2023). ТӘЛІМГЕРЛІК МЕКТЕПТЕГІ ЖÐС ПЕДÐГОГТÐРДЫ ДЕРБЕСТЕÐДІРІЛГЕРСҮЙЕМЕЛДЕУДІҢ БІРТҮРІ РЕТІÐДЕ. BULLETIN Series of Pedagogical Sciences. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:263845324
Wangge, M. (2021). Pelatihan Cara Penggunaan Kartu Positif dan Negatif dalam Penyelesaian Operasi Hitung Bilangan Bulat Pada Guru-guru di SDK Pemo 2. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 2(4), 296–303. https://doi.org/10.36596/jpkmi.v2i4.186
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v16i2.21032
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat has been indexed in:
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.