Pelatihan dan Bimbingan dalam Pemanfaatan Internet yang Baik dan Aman bagi Pelajar SMK Anak Bangsa Desa Bandar Siantar Kabupaten Simalungun

Anjar Wanto, Dedi Suhendro, Agus Perdana Windarto

Abstract


Perkembangan teknologi khususnya internet telah membawa banyak perubahan. Berkat bantuan internet semua pekerjaan menjadi terasa ringan. Bagi para siswa atau pelajar, internet memudahkan mereka dalam mencari literatur atau bahan-bahan tugas sekolah. Akan tetapi kemampuan siswa dalam menggunakan internet dengan cara yang baik dan aman di era globalisasi dewasa ini masih tergolong rendah, terutama pada siswa-siswi SMK Anak Bangsa desa Bandar Siantar Kabupaten Simalungun. Letaknya yang di pedesaan dan jauh dari perkotaan serta kurangnya perhatian pemerintah daerah dalam melakukan sosialisasi, bimbingan dan pelatihan internet membuat banyak siswa khususnya yang tinggal di pedesaan, kurang memahami pentingnya pemanfaatan internet dengan cara yang positif. Sebagian besar para siswa bisa bebas berselancar di dunia maya dan melakukan aktivitas online mereka tanpa adanya pengawasan. Oleh karena itu kegiatan pelatihan dan bimbingan dalam pemanfaatan internet sangat perlu dilakukan untuk mengingatkan serta memberikan kesadaran bagi para siswa bagaimana cara menggunakan internet dengan cara yang bijaksana agar kedepannya kemampuan akademik maupun pengetahuan mereka terhadap dunia pendidikan dan informasi semakin meningkat. Pelatihan ini nanti nya akan menggunakan 4 macam modul diktat yang masing-masing akan dijelaskan berupa presentasi menggunakan power point. Dengan pelatihan dan bimbingan ini diharapkan para pelajar khususnya disekolah ini mampu memanfaatkan internet dengan arif dan bijaksana dalam rangka mendukung upaya pengembangan SDM yang beradab yang memiliki kemampuan bersaing secara global, tidak hanya mampu bersaing secara intelektual tetapi juga memiliki adab dan perilaku yang baik.


Keywords


pelatihan; bimbingan; pemanfaatan; internet; pelajar

Full Text:

PDF

References


Abdiyansyah. 2017. Pengaruh Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar Terhadap Prestasi Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan Mata Pelajaran Gambar Interior dan Eksterior di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan: 1–8.

Bariyyah, Khairul, dan Devi Permatasari. 2017. Pelatihan Pemanfaatan Media Online dalam Layanan Bimbingan Konseling bagi Konselor Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Pamekasan Madura. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat IKIP PGRI Jember 1(1): 63–69.

Fadhli, Muhibuddin, dan M.Fadlilah. 2017. Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial dan Blog sebagai Sarana Publikasi Bustanul Athfal Kabupaten Ponorogo. Jurnal Pengabdian Masyarakat ADIMAS: 18–24.

Husni, Nyayu Latifah, et al. 2017. Pelatihan Penggunaan Internet secara Tepat dan Sehat Bagi Guru dan Siswa Di MTS Ar- Rahman Palembang Guna Meningkatkan Kreativitas serta Kesadaran Guru dan Siswa Mengenai Sisi Negatif Internet. Annual Research Seminar, 3(1): 127–31.

Idrus, Ali, dan Apdelmi. 2017. Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Layanan Administrasi Akademik bagi Guru dan Staf Administrasi SMPN 21 Batanghari. Jurnal Karya Abdi Masyarakat: 28–34.

Mahayanti, Ni Wayan Surya, dan I.A. Made Istri Utami. 2017. Pelatihan dan Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru Bahasa Inggris SMP di Kecamatan Sukasada. Jurnal Widya Laksana 6(2): 145–55.

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. 2016. Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia: 1–72.

Sudarsono, Heri, Siti Nursyamsiah, dan Maisya Farhati. 2017. Pelatihan Internet Marketing Untuk Komunitas Difabel LSM Ciqal di Desa Trihanggo, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Jurnal SNaPP Sosial, Ekonomi, dan Humaniora, 7(2): 476–85.

Tim Internet Sehat. 2010. Internet Sehat. Pedoman BerInternet yang Aman, Nyaman dan Bertanggungjawab: 1–79.

Windarto, Agus Perdana, Dedy Hartama, Anjar Wanto, dan Iin Parlina. 2018. Pelatihan Pemanfaatan Mendeley Desktop sebagai Program Istimewa untuk Akademisi dalam Membuat Citasi Karya Ilmiah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Aksiologiya 2(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/e-dimas.v9i2.2116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

                                       

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.