Pendampingan Tata Kelola Keuangan sebagai Upaya Pencegahan Fraud di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo dalam Pencapaian SDG’s 4
Abstract
Pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel merupakan salah satu faktor penting dalam peningkatan kualitas pendidikan, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah tentang Pendanaan Pendidikan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mendampingi SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo dalam memperbaiki tata kelola keuangan guna mencegah terjadinya fraud, sekaligus mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDG’s) 4 tentang pendidikan berkualitas. Metode yang digunakan meliputi identifikasi permasalahan, pendampingan pengelolaan keuangan, pelatihan pengawasan internal, dan pelatihan verifikasi bukti pertanggungjawaban. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pendampingan mampu meningkatkan pemahaman staf terhadap praktik tata kelola keuangan yang baik, memperkuat pengawasan internal, dan meminimalisasi potensi fraud. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan dampak positif jangka panjang bagi institusi, baik dari aspek transparansi, akuntabilitas, maupun kualitas pendidikan yang lebih baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agoes, Sukrisno. (2017). Auditing: Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan oleh Akuntan Publik. Edisi Kelima. Jilid 1. Jakarta: Salemba Empat
Amin Widjaja Tunggal. 2014. Mendeteksi Kecurangan dalam Akuntansi. Penerbit: Harvarindo.
Bennett, J. & Iannacci, L. (2012). Community Involvement in Education: A Review of the Literature. Education Policy Analysis Archives, 20(6).
Dharma, Riyan & Aristanti Widyarningsih. 2022. Memerangi Tindakan Fraud dengan Menghadirkan Sistem Good School Governance di Sekolah. https://www.researchgate.net/publication/364865861
Herawati, Annisa. 2024. Fraud Laporan Keuangan: Pengertian, Deteksi, dan Pencegahan. https://kledo.com/blog/fraud-laporan-keuangan/
https://masoemuniversity.ac.id/berita/pentingnya-sistem-informasi-akuntansi-bagi-perusahaan.php. 2022. Pentingnya Sistem Informasi Akuntansi Bagi Perusahaan.
IBK. Bayangkara. 2015. Audit Manjemen: Prosedur dan Impolementasi. Penerbit Salemba Empat. Jakarta
Mardiasmo (2002). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Andi Offset.
M. Arif Rahmat P. & Samsudin. 2025. Sistem Informasi Keuangan dengan Metode Fraud Detection untuk Pengelolaan Dana BOS. BIMA: Journal of Business Inflation Management and Accounting. Vol. 2. No.1. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan.
Rusdiana, H.A. & Wardija, H. (2022). Manajemen Keuangan Sekolah: Konsep, Prinsip, dan Aplikasinya dis Sekolah/Madrasah. Penerbit: Arsad Press.
Tunggal, Amin Widjaja. 2016. Aspek-Aspek Audit Kecurangan. Penerbit: Harvarindo.
UNESCO (2014). Education for All Global Monitoring Report 2015: Achieving Sustainable Development Goal 4. Paris: UNESCO.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
World Bank (2006). World Development Report 2007: Development and the Next Generation. Washington, DC: World Bank.
Wulandari, Cyntia. 2024. Pentingnya Tata Kelola Keuangan yang Transparan di Lingkungan Pendidikan. FMIPA Universitas Pakuan.
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v16i3.24180
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat has been indexed in:
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.


















