Pembuatan Aplikasi E-Examination Berbasis Komputer dalam Upaya Menuju Sekolah Ramah Lingkungan di Kabupaten Jepara

Husni Mubarok, Danang Mahendra, Darnoto Darnoto

Abstract


Kegiatan ini bertujuan untuk membantu kedua mitra PKM dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi ketika pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer yang diberlakukan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2017. Pada Ujian Nasional 2017, kedua mitra pengabdian tidak dapat menyelenggarakan ujian secara online, UNBK tetapi masih berupa Ujian Nasional Tertulis dikarenakan beberapa permasalahan. Permasalahan yang dihadapi oleh kedua mitra adalah 1). Limbah sampah kertas ujian dan 2). Adanya keterbatasan aplikasi computer-based test yang menjadi simulasi dalam UNBK Kemendikbud. Mitra dalam kegiatan PKM ini adalah SMP Islam dan MTs Masalikil Huda Kabupaten Jepara. Untuk mengatasi permasalahan diatas, maka solusi yang ditawarkan dalam kegiatan Program Kemitraan Masyarakat ini adalah 1) penyusunanan aplikasi e-examination berbasis komputer yang melalui enam tahapan penyusunan; need analisis, pembuatan aplikasi, pelatihan operasional, workshop atau sosialiasi, ujicoba, dan pendampingan. Dalam pembuatan aplikasi ini akan melibatkan kedua sekolah sebagai mitra. 2) Disamping itu, pada program ini juga perlu dibuatkannya panduan pengaturan e-examination bagi sekolah, guru, dan siswa sehingga mereka tidak merasa kebingungan dalam penggunaannya karena panduan itu akan disertai dengan contoh gambarnya secara langsung. 3) Solusi yang terakhir yang ditawarkan adalah pembentukan rumpun guru mata pelajaran yang bertujuan untuk menyimpulkan hasil ujian peserta didik dengan menggunakan aplikasi e-examination. Dengan aplikasi ini, akan meminimalisir penggunaan kertas baik pada soal ujian, lembar jawaban siswa, dan berita acara serta analisis butir soalnya, dimana ini akan menjadi perintis bagi ujian yang ramah lingkungan. Dengan tiga solusi diatas, maka sekolah, guru dan peserta didik diharapkan siap dalam menghadapi UBK pada tahun berikutnya dikarenakan perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi ujian sudah dirancang secara matang oleh pihak sekolah. Luaran dalam program ini adalah artikel jurnal dalam jurnal nasional ber-ISSN atau proceeding nasional, publikasi pada media cetak/online, produk aplikasi yang berupa eexamination berbasis komputer yang dapat diterapkan pada kedua mitra, panduan pelaksanaannya, dan HKI yang berupa hak cipta.


Keywords


assessment; e-examination; ujian berbasis komputer

Full Text:

PDF

References


Dikpora, 2017. Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga Kabupaten Jepara, Jepara.

Tulangow, B.M. 2011. Sistem Ujian Berbasis Web. Jurnal Teknologi dan Informatika (TEKNOMATIKA), 1(1).

Pakpahan, Rogers. 2016. Model Ujian Nasional Berbasis Komputer: Manfaat dan Tantangan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.2551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

    

    

    

    

    

    

    

    

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.