Tagxedo: Media Penulisan Teks Deskriptif

Nico Harared, Fajar Wahyudi Utomo

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan solusi lain dalam hal menarik minat  penulisan teks deskriptif terhadap pengajar di PKBM 10 Guntur dan 11 Manggarai dengan menggunakan aplikasi tagxedo. Peneliti juga menjelaskan kepada para pengajar tentang langkah-langkah pengajaran dengan menggunakan aplikasi ini. Pengajar dalam hal ini menggunakan tagxedo diarahkan untuk membuat satu teks deskriptif. Tagxedo diperkenalkan kepada pengajar dengan mengklasifikasikan kelas kata yang berkaitan dengan teks deskriptif seperti kata benda dan kata sifat. Dengan tagxedo tampilan kata- kata akan tersebar dalam aplikasi ini dan akan membentuk sebuah bentuk yang menakjubkan dengan tampilan gambar yang telah tersedia pada template aplikasi gambar tagxedo. Di samping itu, melalui cara pengajaran ini diharapkan dapat menambah pengalaman belajar yang baru bagi para pengajar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di PKBM 10 Guntur dan 11 Manggarai. Total pengajar kedua lembaga tersebut sebanyak 19 orang dimana mereka adalah yang dijadikan objek dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dari masing-masing tahap penelitian. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan dalam menulis teks deskriptif bahasa Inggris. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya jumlah teks deskriptif dari masing-masing kelompok belajar dan testimoni yang disampaikan pada saat kegiatan berakhir.


Keywords


tagxedo; pembelajaran menulis; teks deskriptif

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, S., Maidar, G.A., dan Sakura, H. R. 1998. (1998). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia.Jakarta: Erlangga.

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ngatmini, & Larasati, & Wismanto, Agus & Kurniawan, L. A. (2011). Pengoptimalan Blog Untuk Menunjang Keterampilan Menulis Bagi Guru SMP Negeri 33 Semarang. E-Dimas, 2(1), 78–89.

Winkel. (1996). Psikologi Belajar. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i1.2658

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.