Pemanfaatan Literasi TIK melalui Peran Lagu dalam Mengembangkan Kosakata Anak

Helda Jolanda Pentury

Abstract


Pemanfaatan literasi TIK dalam pembelajaran untuk para siswa TK ternyata tidak harus melalui buku teks atau buku pegangan siswa. Banyak cara yang bisa dilakukan oleh para guru, agar para siswa mendapatkan pengetahuan dan meningkatkan kosakata Bahasa Inggris dengan metode yang menyenangkan. Jika para siswa merasa senang saat menjalani sesuatu, tentu ilmu yang diperoleh akan maksimal. Selain itu, kemampuan pedagogik guru pun diharapkan mampu menciptakan pembelajaran kreatif dan inovatif. Salah satu pemanfaatan literasi TIK dalam pembelajaran menyenangkan adalah melalui peran lagu dalam CD dan Youtube. Profesionalisme guru melalui kompetensi penggunaan dwibahasa dan teknologi dituntut dalam era ini berkaitan dengan kapasitas sebagai pendidik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di TK Al Amanah, di Kecamatan Limo Depok. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diharapkan mampu menstimulasi kemampuan kosakata para siswa TK dan meningkatkan profesionalisme pendidik dalam berkarya menumbuhkembangkan kemampuan literasi TIK melalui peran lagu kepada para siswa.

Keywords


lagu anak; literasi; kosakata

Full Text:

PDF

References


Brewster, J., Ellis, G., Girard, D. 2002. The Primary English Teachr’s Guide. England: Penguin English.

Brown, D. 2000. Teaching by Principles. Cameron, L. 2001. Teaching Languages to Young Lerner. Cambridge: CUP.

Dankin, Julian, 1985. Songs and Rhymes for The Teaching of English. Singapore: Longman Publisher Ptc. Ltd.

Depdikbud. 1988. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dick Walter, Carey Lou., and Carey, J.O. 2009. The Systematic Design of Instruction. Upper Saddler River, New Jersey: Pearson Education, Inc.

Ellis, R. 1994. Second Language Acquisition. Oxford: OUP.

http://www.eslgames.com/edutainment/songs.htm.

Keraf, Gorys. 1991. Tata Bahasa Rujukan Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Widiasatya.

Kern, Richard. 2000. Literacy and Language Teaching. Oxford: Oxford University Press.

M Atwi Suparman. 2012. Panduan Para Pengajar dan Inovator Pendidikan: Desain Instruksional Modern. Jakarta: Erlangga.

Mulyasa. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Marhnis Yamin. 2009. Kiat Pembelajaran Siswa. Jakarta: Putra Grafika.

Nurani Sujiono, Yuliani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Qonita, Alya. 2009. Kamus Bahasa Indonesia untuk Pendidikan Dasar. Jakarta: PT Indah Jaya Adipratama.

Nasution, Laila Hadri. 2013. Analisis Literasi Informasi Pengguna Perpustakaan Universitas Sumatera Utara. (Tesis). Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Santoso, Soegeng. 2004. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Citra Pendidikan Indonesia.

Tarigan, H.G. 1994. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/e-dimas.v9i2.2889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

                                       

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.