Pemanfaatan E-Commerce untuk Peningkatan Strategi Promosi dan Penjualan UMKM Tas di Kabupaten Kudus

Noor Azizah, Danang Mahendra, Budi Lofian

Abstract


Usaha mikro kecil menengah merupakan salah satu usaha ekonomi produktif yang mendorong proses peningkatan ekonomi Indonesia beberapa tahun terahir. Salah satu UMKM yang dapat diangkat di wilayah Kabupaten Kudus adalah UMKM Tas yang beralamatkan di Desa Jepang Mejobo Kudus. Selama ini, promosi yang dilakukannya masih sangat rendah dan penjualannya pun langsung dipasarkan ke pembeli melalui pasar-pasar tradisional. Hal tersebut kerap sekali membuang waktu dan tenaga dan pangsa pasar pun tidak bisa meluas. Oleh karena itu, perlu adannya sebuah terobosan baru berupa pemanfaatan e-commerce melalui pembuatan website sebagai media promosi dan wadah untuk menjual produknya. Luaran yang dihailkan dari program pengabdian masyarakat ini adalah meluasnya pangsa pasar dan meningkatnya jumlah transaksi penjualan meskipun belum terlihat kenaikan omsetnya secara signifikan. Sedangkan manfaat yang diperoleh dari pengimplementasian penjualan berbasis online adalah memberikan kemudahan dalam bertransaksi dan rekapitulasi penjualan karena semua proses sudah dilakukan secara otomatis. Selain itu efisien dalam pembiayaan dan efektif dalam waktu karena semua sudah dijalankan secara online.

Keywords


strategi; promosi; e-commerce; umkm

Full Text:

PDF

References


Chaffey, D., Chadwik, F.E., Johnston, K., Mayer, R. 2006. Internet Marketing Strategy, Implementation and Practice. England: Prentice Hall.

Ladjamudin. A. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Garaha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.3555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

                                        

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.