Pengembangan Kemampuan Sumber Daya Manusia melalui Pelatihan Komputer Microsoft Office Excel untuk Meningkatkan Kinerja Perangkat Desa Mranggen

Asih Niati, Anitiyo Soelistiyono, Teguh Ariefiantoro

Abstract


Dalam menghadapi era globalisasi yang berkembang pesat saat ini khususnya perkembangan Iptek yang semakin maju, maka sangat diperlukan suatu kemampuan (skill) yang memadai guna mendukung kinerja perangkat desa yang ada di Desa Mranggen. Hal ini dikarenakan didalam aktivitas pelayanan kepada masyarakatnya, para perangkat desa Mranggen masih belum memanfaatkan potensi yang dimiliki secara maksimal dalam mengoperasionalkan program Microsoft Office. Kondisi ini tentunya berdampak terhadap kurang maksimalnya kinerja perangkat desa di dalam melayani masyarakat. Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan dan meningkatkan serta memaksimalkan potensi sumber daya manusia tentang cara mengoperasionalkan komputer pada program Microsoft Office Excel pada perangkat Desa Mranggen, sehingga dapat lebih baik lagi dalam melayani kebutuhan masyarakat desa. Metode pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah metode pelatihan, praktek serta tanya jawab. Sedangkan khalayak sasaran adalah warga desa khususnya perangkat desa Mranggen yang ingin memaksimalkan potensi yang ada dengan cara mengoperasionalkan komputer dengan lebih baik. Dengan diadakannya Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat melalui pelatihan dalam mengoperasionalkan komputer khususnya perangkat desa Mranggen maka dapat menambah wawasan dan pengetahuan serta meningkatkan kinerja perangkat desa secara lebih maksimal dalam memberikan layanan kepada masyarakat sesuai yang di inginkan pemerintah.

Keywords


perkembangan iptek; Microsoft Office Excel; pelatihan

Full Text:

PDF

References


Asih Winantu. 2017. Modul Pelatihan Komputer “Microsoft Office Word – Excel. Dapat diakses pada https://asihwinantu.files.wordpress.com/.../modul-pelatihan-komputer-pustikom.doc.

Asroni dan Haris Setyawan. 2016. Pelatihan MS Office dan Pembuatan Blog Di Dusun Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan Sleman, dapat diakses pada http://repository.umy.ac.id/ bitstream/handle/123456789/3527/PelatihanMSOfficedanBlog08-2016.

Faidul Adzim, Eka Prabawati Rum. 2017. Sistem Informasi Desa di Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 1 Nomor 1.

Mondy R Wayne. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Modul Pelatihan Komputer Excel 2007. https://kursuskomputerbekasi.com/modul-pelatihan-komputer-microsoft-excel-2007 yang diakses pada tanggal 10 Nopember 2017.

Sentot Imam Wahyono. 2015. MSDM. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.3557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

                                        

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.