Pelatihan Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah bagi Kepala Sekolah dan Guru Sekolah Luar Biasa

Anita Dewi Ekawati

Abstract


Menulis karya ilmiah merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan baik bagi kepala sekolah maupun guru. Penulisan karya ilmiah didasari oleh pemahaman konseptual tentang cara berpikir sesuai dengan etika dan kaidah ilmiah. Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk membantu kepala sekolah dan guru sekolah luar biasa menuliskan ide/gagasan ke dalam karya ilmiah. Pelatihan ini dikuti oleh 18 peserta; 6 peserta kepala sekolah dan 12 peserta guru. Metode yang digunakan antara lain: (1) pemberian materi tentang karya ilmiah mengenai teori dan contoh-contoh dengan metode ceramah, (2) penugasan kepada peserta untuk menulis karya ilmiah, serta (3) bimbingan dan diskusi mengenai karya ilmiah dengan narasumber. Hasil dari kegiatan ini seluruh peserta bersemangat dan termotivasi untuk mengikuti kegiatan ini. Seluruh peserta mencoba untuk menuangkan ide dalam bentuk tulisan karya ilmiah. 6 peserta dari 18 peserta atau 33% peserta yang hadir dapat menulis karya ilmiah dengan baik. Karya ilmiah tersebut dapat dipublikasikan dan diikutsertakan dalam lomba salah satunya lomba guru dan kepala sekolah berprestasi tingkat nasional.


Keywords


karya ilmiah; pelatihan; kepala sekolah dan guru

Full Text:

PDF

References


Nasution, M. K. M. (2016). Carut Marut Menulis Karya Ilmiah. Harian Waspada. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.25320.57606.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Tempo.co. (2018). Apresiasi untuk Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi serta Berdedikasi. Retrieved from https://nasional.tempo.co/read/1117285/apresiasi-untuk-guru-dan-tenaga-kependidikan-berprestasi-serta-berdedikasi/full&view=ok.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i2.3576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

                                  

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.