Pemanfaatan Microsoft Mathematics 4.0 dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika di SMA/SMK

Risma Nurul Auliya, Ek Ajeng Rahmi Pinahayu, Luh Putu Widya Adnyani

Abstract


Salah satu program/software yang dapat digunakan agar siswa dapat memahami konsep matematika dengan baik serta membantu mereka dalam menyelesaikan permasalahan matematika yang kompleks adalah Microsoft Mathematics 4.0. Mitra dalam kegiatan ini ialah di SMA Adi Luhur 2 Jakarta dan SMK Adi Luhur 2 Jakarta. Tujuan dari kegiatan ini antara lain: (1) Membantu guru agar dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di kelas. (2) Membantu guru agar memiliki kemampuan dalam memanfaatkan media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. (3) Memberikan kemudahan bagi guru untuk menjelaskan pada siswa mengenai masalah matematika yang kompleks. Simpulan yang didapat antara lain: (1) Dapat membantu guru dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di kelas. (2) Guru memiliki kemampuan dalam menggunakan media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. (3) Guru lebih mudah dalam menjelaskan materi pada siswa, terutama mengenai turunan, integral, dan menggambarkan grafik fungsi.


Keywords


microsoft mathematics 4.0; software; konsep matematika

Full Text:

PDF

References


Andriani, P. (2009). Penggunaan Microsoft Math 3.0 dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 16 Mei 2009, hlm. 493-496.

Ekawati, A. (2016). Penggunaan Software Geogebra dan Microsoft Mathematic dalam Pembelajaran Matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), hlm. 148-153.

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Manurung, B. D. (n.d.). Pembelajaran Aljabar Linier dengan Software Microsoft Mathematic. [Online]. Tersedia di: https://budidarmawanmanurung.files.wordpress.com/2014/10/makalah-seminar-nasional-budi-darmawan-manurung.pdf.

Pinahayu, E. A. R, Auliya, R. N., Adnyani, L. P. W. (2018). Implementasi Aplikasi Wingeom untuk Pengembangan Bahan Ajar di SMP. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), hlm. 112-121.

Setiawan, M., Lumenta, A. S. M., Tulenan, V. (2016). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia untuk Sekolah Dasar. E-journal Teknik Elektro dan Komputer, 5 (4), hlm.36-46

Suryacitra, G. E., Oktavia, R. (2018). Pemanfaatan Program Microsoft Mathematics untuk Meningkatkan Ketelitian Siswa Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Perkalian Dua Buah Matriks. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, hlm. 647-653.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i1.4629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.