PROGRAM WORKSHOP, MAGANG, PROTOTYPE DAN PEMASARAN PRODUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN WIRAUSAHA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
Abstract
Penelitian ini menganalisis variabel program peningkatan kemandirian usaha melalui program workshop, magang, prototype produk dan pemasaran di inkubator bisnis Universitas Muhamamdiyah Surakarta. Tujuan penelitian menganalisis pengaruh variabel program yang mempengaruhi kemandirian wirausaha mahasiswa. Manfaat dihasilkan variabel tahapan program yang mempengaruhi kemandirian wirausaha mahasiswa. Teknik pengumpulan data melalui angket, observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan validitas, reliabilitas, dan analisis regresi. Sampel dalam penelitian adalah mahasiswa teknik industri pada pusat studi inkubator wiarusaha dan bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta. Variabel program pemasaran produk memiliki pengaruh dominan terhadap peningkatan kemandirian wirausaha.
Kata Kunci: pengetahuan, magang, kemandirian, wirausaha, mahasiswa
Full Text:
PDFReferences
Badan Pusat Stastistik. (2022). Laporan Presiden Republik Indonesia. Ketenagakerjaan dan pengangguran. Jakarta.
Dhany, E, Sari., Hanun, A, D., Sabar, N., Tri,N, W., Surya, J., Mutiara, K. (2022). Improving Entrepreneur Competency for the Entrepreneur Community Using The Triple Helix Approach. 7th Progressive and Fun Education International Conference (PROFUNEDU). Pp: 50-56.
Dwi,H.,Budi,E.,Sutjipto. (2019). Conceptual Model On Entrepreneurial Intention In Higher Education. Jurnal. Humanities and Social Sciences Reviews. Vol 07. No 3. Pp: 17-24
Kemendikbud. (2022). Panduan Wirausaha Merdeka. Kemendikbud RI. Jakarta
Nulat, P., Muhamad. R. A. (2021). Perancangan Desain Prototipe Website Umkm Tata Rupa Di Surabaya. Jurnal Barik, Vol. 1 No. 3, Tahun 2021, 100-112.
Petrus, Y.. Rabiatul, A., Wahyu. N. (2019). Penerapan Metode Prototype dalam Perancangan Aplikasi SIPINJAM Berbasis Website pada Credit Union Canaga Antutn. Jurnal Ilmiah Merpati. Vol. 7, No. 3 Desember.
Sadana, D. (2022). Pendampingan Di Yayasan Pendidikan Islam Jiwanala Dalam Rangka Kegiatan Promosi Dan Pameran. Jurnal BUDIMAS (ISSN:2715-8926) Vol. 04, No. 01, 2022.
Soegiyono. (2016). Riset & Development. Alfabeta. Bandung.
Suranto, Bakhrizal, Adcharina, P., Dwi, I, O. (2023). Improving Entrepreneurial Competence Through Talent. Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri. Vol 9. No 1. Pp 326-330.
Suranto. (2016). Pengembangan Inkubator Kewirausahaan di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Journal Teknik Industri. ISSN: 1410-9344. Vol.19 No.1.
Suranto., Etika, M., Ahmad, K,A., Adcharina, P. (2022). The Industrial Internship Model Equips The Independence Mental Of College Graduate Candidates. Journal NeuroQuanthology. Vol 20. No 19. Pp: 554-572.
Suranto.,Muhtadi.,Nugroho,T,M.,Kussudyarsana.,Syah, J, F, M.,Aan, S.,Farid, P, A.,Nur, H. Soepatini. (2022). Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Melalui Wirausaha Merdeka Universitas Muhammadiyah Surakarta. Laporan Kegiatan WMK UMS. Surakarta
Yahya, A, O & Lubis, D. P. (2017). Efektivitas Pameran Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Bogor. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, 5 (3), 202-208
DOI: https://doi.org/10.26877/ep.v8i1.16405
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Equilibria Pendidikan : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
INDEXED BY :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.