EFIKASI DIRI DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh efikasi diri terhadap keinginan mahasiswa untuk menjadi pengajar di program studi Akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Self-efficacy, yang akan bertindak sebagai variabel independen studi, dan minat profesi sebagai pendidik, yang akan memainkan peran variabel dependen studi, adalah dua variabel yang akan diselidiki sebagai bagian dari proyek penelitian ini. Populasi penelitian adalah individu yang telah mendaftar untuk mengikuti Program Studi Pendidikan Akuntansi. Secara keseluruhan, ada 376 siswa yang mendaftar untuk berpartisipasi dalam proyek tersebut. sedangkan sampel terdiri dari 79 siswa yang dipilih dengan menggunakan proporsional stratified random sample. Dokumentasi dan kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data. Uji instrumen dan hipotesis digunakan untuk menganalisis data.
Kata Kunci: Efikasi Diri, Minat Menjadi GuruFull Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu. (2009). Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Alwisol. (2010). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.
Arikunto, Suharsimi. (2017). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto, & Karim, Syaiful. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.
Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS Update PLS Regresi. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ghufron, M. Nur, Rini Risnawati. (2017). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Handoko, Martin. (2003). Motivasi Daya Penggerak Tingkah Laku. Yogyakarta: Kanisius.
Hurlock, Elizabeth. (2010). Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.
Kemenkumham RI. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU14-2005GuruDosen.pdf
Misbahuddin, & Hasan, Iqbal. (2014). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Mudlofir, Ali. (2014). Pendidik Profesional. Jakarta: Rajawali Pers.
Ormrod, J. E. (2008). Psikologi Pendidikan; Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Padmomartono, S. & Windrawanto, Y. (2016). Teori Kepribadian. Yogyakarta: Ombak.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach.Yogyakarta: Deepublish.
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (edisi revisi). Jakarta: Rajawali Pers
Shaleh, Abdul Rahman & Wahab, Muhbib Abdul. (2005). Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Prenada Media.
Siregar, Sofyan. (2017). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan Perhitungan Manual & Aplikasi SPSS versi 17. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta.
Usman, M. E. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.26877/ep.v8i1.16407
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Equilibria Pendidikan : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
INDEXED BY :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.