ANALISIS PROSPEK DAN KEMAMPUAN KESIAPAN KERJA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi UPGRIS)

Aryan Eka Prastya Nugraha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis prospek kerja mahasiswa pendidikan ekonomi UPGRIS dalam berbagai bidang keahlian dan kemampuan di pasar tenaga kerja global menggunakan analisis work skill development (WSD). Work Skill Development terdiri dari enam aspek keterampilan inisitaif, teknologi, belajar, manajemen, problem solving dan komunikasi. Total partisipan / responden dalam penelitian ini dengan menggunakan rumus Slovin sebesar 96 mahasiswa dari 126 mahasiswa semester 7. Hasil menunjukkan hasil analisis berdasar gender dengan jumlah perempuan 84 dan laki–laki 12. Secara deskriptif menunjukkan hasil bahwa kecenderungan kesiapan kerja lebih besar pada perempuan dengan skor tertinggi adalah 35, skor terendah 9. Berdasarkan skor empiris, skor tertinggi pada responden laki – laki adalah 23 dan skor terendah 17. Independent Sample T-test menunjukkan nilai signifikansi 0,002 lebih kecil dari taraf signifikansi 5 % bahwa terdapat perbedaan kesiapan kerja pada responden perempuan dan laki - laki. Berdasarkan nilai mean kesiapan kerja responden perempuan lebih tinggi jika dibandingkan responden laki - laki, nilai mean perempuan lebih besar dari laki - laki 32,3> 28,6. Kesiapan kerja responden berada pada poin tinggi, yang artinya responden/ mahasiswa perempuan dan laki - laki dianggap siap kerja, walaupun pada perempuan memiliki kesiapan kerja yang lebih tinggi. Prospek dari calon mahasiswa sebetulnya sudah mulai terbentuk ketika mereka menjajaki bidang keahliannya, kebutuhan akan pengajar atau pendidik sekolah menengah khususnya dalam bidang kejuruan masih sangat besar. Kemampuan kesiapan kerja mereka dikatakan masih memerlukan banyak pembelajaran dalam bidang soft skill.

Kata Kunci : Work Skill Development, soft skill, kesiapan kerja


Full Text:

PDF

References


Bandaranaike, Suniti & John Willison. 2014. Boosting Graduate Employability: Bridging the Cognitive and Affective Domains. Australian Collaborative Education Network Limited.

Bandaranaike, Suniti & John Willison. 2015. Building Capacity For Work- Readiness: Bridging TheCognitive And Affective Domains. Asia-Pacific Journal of Cooperative Education, Special Issue, 2015, 16(3), 223-233.

Daniels ,Jeannie & Jennifer Brookerb. 2014. Student identity development in highereducation: implications for graduate attributes and work-readiness. Educational Research, Vol. 56, No. 1, 65–76.

Departemen Pendidikan Nasional. 2014

Depnakertrans. 2003. Undang-Undang Nomor 13 Tentang

Ketenagakerjaan. Jakarta: Depnakertrans

Dinas Menengah Kejuruan. 2008. Kurikulum SMK. Jakarta: Dikmenjur.

Hall, Valery L. 2010. Work Readiness Of Career And Technical Education High School Students. Dissertation Submitted to the Graduate Faculty of The University of Georgia.

Magogwe, Joel M. et al. 2014. Uncovering University Students’ Readiness through Their Assessment of Workplace Communication Skills.World Journal of Education Vol. 4, No. 5.

Mamun, Md. Abdullah. 2012. The Soft Skills Education for the Vocational Graduate: Value as Work Readiness Skills. British Journal of Education, Society & Behavioural Science Vol. 2, No. 4, 326-338.

Masole, Lindiwe & Gideon van Dyk. 2016. Factors influencing work readiness of graduates: An exploratory study, Journal of Psychology in Africa, 1–4

Preparing for the Future: Employer Perspectives on Work Readiness Skills. 2006. Massachusetts Business Alliance for Education

Tanius Erni &Suhana btSusah. 2013. Employability Skill Readiness among Business’ Students. International Journal of Science and Research (IJSR) ISSN (Online): 2319-7064 Index Copernicus Value (2013): 6.14 | Impact Factor (2013): 4.438

The College And Career Readiness And Success Organizer. 2014.

American Institutes for Research www.act.org(15 November 2016)

Wye ,Chung-Khain, et al. 2012. Perceived Job Readiness of Business Students at the Institutes of Higher Learning in Malaysia. International Journal of Advances in Management and Economics.




DOI: https://doi.org/10.26877/ep.v1i1.1786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi

 

 

INDEXED BY   :

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.