PENGARUH INFLUENCER ENDORSEMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HAYUKA BEAUTY SKINCARE (STUDI KASUS DI KOTA KARAWANG)

Mohamad Ulinnuha, Netti Nurlenawati, Dexi Triadinda

Abstract


Industri kecantikan di Indonesia sekarang ini sedang mengalami berkembang. Skincare sebagai pilihan alternatif yang digunakan oleh konsumen untuk mencukupi kebutuhan  akan kecantikan diri pada kaum wanita. Tujuan atas penelitian ini ialah guna mencari tahu pengaruh setiap dimensi Influencer Endorsement yang terdiri atas credibility, visibility, attractiveness, serta power  pada keputusan pembelian produk Hayuka Beauty Skincare yang merupakan salah satu merek skincare lokal di Karawang. Riset ini mempergunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian explanatory survey mempergunakan instrument angket kuesioner pada google form. Analisis data  mempergunakan analsis regresi linier berganda. Hasil penelitian memperlihatkan hasil dimensi visibility memberikan pengaruh paling besar pada keputusan pembelian.

 

Kata Kunci: Skincare, Influencer Endorsement, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

References


Akbar, T., Iskandar, G., & Sharif, O. O. (2022). Pengaruh Customer Review Dan Influencer Endorsement Terhadap Purchase Intention Pada Produk Whitelab Dengan Trust Sebagai Variabel Moderasi. 9(5), 2824–2830.

Alam, I. K., & Sarpan, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan Dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Ulang Ulang Mazaya Dekoratif Dan Skincare Pada Toko Tangga Mas Tambun. Ikraith-Ekonomika, 6(2), 284–291. Https://Doi.Org/10.37817/Ikraith-Ekonomika.V6i2.2377

Almayanti, W. (2022). Pengaruh Mobile Banking E-Service Terhadap E-Loyalty Dimediasi Oleh E-Satisfaction Studi Kasus Pada Nasabah Pengguna Mobile Banking Bca Di Wilayah Karawang The Effect Of Mobile Banking E-Service On E-Loyalty Mediated By E- Satisfaction Case Study On Bca M. 09, 241–249.

Ardhillah, G., Yohana, C., & Pratama Sari, D. A. (2023). Pengaruh Iklan Media Sosial Dan Selebriti Pendukung Terhadap Niat Beli Produk Skincare Lokal Di Instagram. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 4(1), 132–145. Https://Doi.Org/10.21009/Jbmk.0401.10

Dexi Triadinda, Netti Nurlenawati, R. S. (2022). Management Studies And Entrepreneurship Journal. Management Studies And Entrepreneurship Journal, 3(May), 884–897.

Dr. Sulaiman Saat, M.Pd. Dr. Sitti Mania, M. A. (2020). Pengantar Metodologi Penelitian.

Endra, F. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian. In Antasari Press.

Hutabarat, M. T. N., & Budiono, H. (2022). Pengaruh Kesadaran Merek, Loyalitas Merek, Dan Kualitas Yang Dapat Dirasakan Untuk Memprediksi Minat Beli. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(1), 150. Https://Doi.Org/10.24912/Jmk.V4i1.17185

Iroh Magfiroh, R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan. Ikraith-Ekonomika, 5(3), 215–224.

Ismanto, K. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Asuransi Syari’ah. Jurnal Hukum Islam, 5, 17–29. Https://Doi.Org/10.28918/Jhi.V0i0.656

Juanda, F., Sondang, Y., Si, S., Sc, M., Pemasaran, J. M., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2020). Analisa Pengaruh Visibility , Credibility , Attraction , Dan Power Celebrity Endorser Terhadap Brand Image Bedak Marcks Venus. 2(1), 1–8.

Kurniawan, F. J., & Kunto, Y. S. (2019). Analisa Pengaruh Visibility, Credibility, Attraction, Dan Power Celebrity Endorser Terhadap Brand Image Bedak Marcks Venus. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–8.

Satrio, J. A. R., & Sherly, A. (2022). Pengaruh Endorsement Influencer Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mirai Manajemen, 7(1), 231–241.

Sukmawati, D. A. R., Mathori, M., & Marzuki, A. (2022). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Somethinc. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(2), 579–599. Https://Doi.Org/10.32477/Jrabi.V2i2.487

Wulansari, A., & Hadisuwarno, H. (2023). Pengaruh Citra Merek, Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Scarrlet. J-Ceki : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(1), 53–67. Https://Doi.Org/10.56799/Jceki.V3i1.1853




DOI: https://doi.org/10.26877/ep.v9i2.19889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Equilibria Pendidikan : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi

 

 

INDEXED BY   :

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.