IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN DAN KUALITAS SDM PELAKU UMKM DI DESA TANGGULANGIN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak implementasi digital marketing terhadap peningkatan pendapatan dan kualitas sumber daya manusia (SDM) pelaku UMKM di Desa Tanggulangin, Lampung Tengah. Pendekatan kombinasi deskriptif kuantitatif dan kualitatif digunakan untuk menggambarkan kondisi UMKM sebelum dan sesudah pelatihan digital marketing. Sampel penelitian terdiri dari 20 pemilik UMKM yang dipilih secara purposive sampling dengan rentang usia 27–50 tahun. Hasil Penelitian menemukan bahwa pelatihan digital marketing memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kinerja UMKM. Sebelum pelatihan, sebagian besar pelaku usaha masih bergantung pada pemasaran konvensional yang terbatas oleh jangkauan pasar yang sempit. Namun, setelah pelatihan, para peserta mengalami peningkatan penjualan yang bervariasi antara 10% hingga 40%. Rata-rata kenaikan penjualan sebesar 20% menunjukkan bahwa pemasaran digital mampu memperluas pasar dan meningkatkan interaksi dengan konsumen. Secara keseluruhan, pelatihan ini berhasil memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk memperkenalkan pelaku UMKM pada dunia pemasaran digital dan memanfaatkan berbagai platform digital untuk keuntungan usaha mereka
Kata Kunci: SDM, Digital Marketing, UMKM
Full Text:
PDFReferences
Anam, K. And Qadariyah, L. (2024) ‘Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di Sentra Batik Bangkalan Dalam Perspektif Ekonomi Islam’, Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 6, Pp. 91–99. Doi:10.37034/Infeb.V6i1.802.
Ariando Butar-Butar, D. Et Al. (2020) ‘Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pengambilan Keputusan Penilaian Karyawan Terbaik’, Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(1), Pp. 43–46.
Candra, A.S.I.C. And Hasan Ismail (2023) ‘Optimalisasi Pemberdayaan Umkm Tas Kulit Di Tanggulangin Berbasis Digital Marketing’, Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 20(1), Pp. 126–139. Doi:10.59050/Jian.V20i1.198.
Crisdian, H.A. Et Al. (2023) ‘Abdimas Siliwangi Abdimas Siliwangi’, 6(1), Pp. 83–89. Doi:10.22460/As.V7i2.22817.
Febriyantoro, M.T. And Arisandi, D. (2018) ‘Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean’, Jmd: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), Pp. 61–76. Doi:10.26533/Jmd.V1i2.175.
Halim, A. (2020) ‘Kabupaten Mamuju’, Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), Pp. 157–158.
Hariyana, N. And Warmana, G.O. (2023) ‘Peningkatan Penjualan Melalui Pemasaran Media Sosial Pada Umkm Di Tanggulangin Sidoarjo’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (Jpkmn), 4(1), Pp. 22–27.
Hidayati, M. Et Al. (2021) ‘Proses Pembuatan Npwp Cepat Dan Mudah Bagi Pelaku Umkm Di Masa Pandemi Covid-19’, Jmm (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), Pp. 746–756.
Imam Pamungkas Walton And Nurmandi, A. (2021) ‘Strategi Bertahan Umkm Di Tengah Pandemi Covid-19’, Governabilitas (Jurnal Ilmu Pemerintahan Semesta), 2(2), Pp. 154–168. Doi:10.47431/Governabilitas.V2i2.117.
Mahrus, M. Et Al. (No Date) ‘Tanggulangin Sidoarjo Adalah Propinsi Jawa Timur , Tepatnya Di Kecamatan’, 8.
Maulida Sari, C.D. And Setiyana, R. (2020) ‘Sosialisasi Digital Marketing Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm)’, Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), P. 63. Doi:10.35308/Baktiku.V2i1.2050.
Naimah, R.J. Et Al. (2020) ‘Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Umkm’, Jurnal Impact: Implementation And Action, 2(2), P. 39. Doi:10.31961/Impact.V2i2.844.
Saraswati, E. And Kunci, K. (2019) ‘2acda9a1a08274092827d1d96343c764a2a8’, Pp. 97–105.
Sheila Amartya Tribanowati Warakawiri, Syifa Amelia Putri Hidayat And Nani Hartati (2024) ‘Pengabdian Masyarakat Dalam Meningkatkan Kinerja Keuangan Pada Warung Sayur Cabe Balap Di Desa Cicau Cikarang Pusat Jawa Barat’, Al Hayat: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), Pp. 104–113. Doi:10.62588/Ahjpm.2024.V2i2.0191.
Srirejeki, K. (2016) ‘Analisis Manfaat Media Sosial Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Analysis Of The Use Of Social Media To Empower Small Micro Medium Enterprise (Smes)’, Jurnal Masyarakat Telematika Dan Informasi, 7(1), Pp. 57–68. Doi:10.17933/Mti.V7i1.64.
Sumarmi, S., Sukhemi And Siswanta, L. (2020) ‘Strategi Pengembangan Potensi Desa Sendangsari, Pajangan, Kabupaten Bantul Melalui Analisis Swot’, Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (Jrmb) Fakultas Ekonomi Uniat, 5(1), Pp. 151–162. Available At: Http://Jrmb.Ejournal-Feuniat.Net/Index.Php/Jrmb/Article/View/373.
Supardi, S., Yulianto, M.R. And Sumarno, S. (2023) ‘Pendampingan Peningkatan Pendapatan Umkm Yang Terdampak Covid-19 Melalui Perbaikan Pengelolaan Manajemen Keuangan Dan Digital Marketing’, Pengabdianmu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), Pp. 224–232. Doi:10.33084/Pengabdianmu.V8i2.4021.
Zhu, G. (2019) ‘Precision Retail Marketing Strategy Based On Digital Marketing Model’, Science Journal Of Business And Management, 7(1), P. 33. Doi:10.11648/J.Sjbm.20190701.15.
DOI: https://doi.org/10.26877/ep.v9i2.21179
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Equilibria Pendidikan : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
Â
Â
INDEXED BYÂ Â :
Â

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.