PENGEMBANGAN E-BOOK DENGAN SOFTWARE FLIPBOOKMAKER UNTUK PEMBELAJARAN MATA KULIAH AKUNTANSI KEUANGAN DI STEKOM SEMARANG

Siti Kholifah, Paulus Hartanto, Iwan Koerniawan

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk e-book untuk pembelajaran mata kuliah akuntansi keuangan yang valid. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development. Penelitian pengembangan ini menggunakan modifikasi model 4D menjadi 3D dengan tahap define  (pendefinisian), design (perencanaan), dan development (pengembangan). E-book dengan software flopbookmaker terlebih dahulu dilakukan uji validasi oleh ahli media, ahli materi dan juga angket tanggapan mahasiswa. Diperoleh rata-rata penilaian validasi ahli materi 85,2%, validasi ahli media 89,2%, penilaian tanggapan mahasiswa 85,2%, Jadi media E-book layak digunakan dengan kategori sangat baik.  

Kata Kunci: Pengembangan, e-book, akuntansi keuangan



 



Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Buchori Achmad, dkk. 2014. ”Development of Matiklopedia Based Character Building in Yunior High School”. International seminar on innovation in mathematics and mathematics education. Diakses November 2014. Yogyakarta state university.

Buchori, Ahmad. 2014. pengembangan bahan ajar matematika berbasis FlipBookmaker untuk membangun peserta didik yang cerdas dan berkarakter. Jurnal Aksioma. volume 6. tahun 2014.

Caroline, Ayoti dan Moses. 2013. “Challenges Facing Teachers In Preparation And Utilization Of Instructional Media In Teaching Kiswahili In Selected Secondary Schools In Kenya”. Journal of advanced research; Vol. 1 Issue 3. Diakses Mei 2013. Kenya: University of science and technology.

Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Heuvel-Panhuizen, Van den. 1996. Assessment And Realistic Mathematics Education. Utrech: Freudenthal institute. Netherlands.

Russell, James dkk. 2011. Intructional Technology and Media For Learning. Jakarta: Kencana

Saglam, Halil Ibrahim. 2011. “An Investigation On Teaching Materials Used In Social Studies Lesson” Journal of Educational Technology Vol.10 No.1. Diakses January 2011. Turkey: Sakarya University Turkey.

Schunk, Dale. 2012. Learning Theories And Aducational Perspective. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Schramm, 1984. Media Besar Media Kecil, Alat dan Teknologi untuk Pengajaran, Seri Pustaka Teknologi Pendidikan No. 5. IKIP Semarang Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Siagian, Sahat. 2014. “Development of Basic Electronic Instructional Module and Trainer”. Journal of computer science and information technology Vol. 2 No. 3. Diakses September 2014. University of Medan.

Suarsana. 2013 “Pengembangan E-book Berorientasi Pemcahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Mahasisiwa”. Jurnal Vol.2 No.2. Diakses oktober 2013. Singaraja: Universitas pendidikan Ganesha.

Wena, made. 2013. “Pengambangan E-book Bermuatan Model Perubahan Konseptual Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA”. Jurnal Santi aji Pendidikan Vol 1 No 1. Diakses 7 desember 2013. Denpasar: UNMAS.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/ep.v2i2.2192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi

 

 

 

 

 

 

 

 Journal"EQUILIBRIA PENDIDIKAN" indexed by:

     

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.