DARI RELASI BERUJUNG PROMOSI (STUDI KASUS MATA PENCAHARIAN USAHA RUMAH MAKAN DI JALAN MONGINSIDI KOTA SALATIGA)

Yunika Damai Krisnawati, Adinda Kinan Puspa, Virliana Ayu Meidinawati, Gatot Sasongko

Abstract


Sebuah peluang bagi masyarakat sekitar untuk mendirikan usaha terutama UMKM (Usaha  Mikro Kecil dan Menengah) di sektor kuliner karena kebutuhan akan makanan sangat diperlukan bagi semua orang. Dalam hal ini analisis livelihood sangat membantu dalam menggali potensi usaha mereka serta dapat memahami permasalahan dan tantangan yang mereka hadapi serta visi usaha mereka kedepan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi UMKM sektor kuliner sebagai mata pencaharian utama di Jalan Monginsidi sesuai dengan lima aspek livelihood yang terdiri dari Aspek Sumber Daya Alam, Aspek Sumber Daya  Manusia, Aspek Modal Fisik, Aspek  Modal Sosial, dan Aspek Finansial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pemilik usaha sebagai key- informan. Data diperoleh dengan wawancara dan observasi serta triangulasi data. Hasil dari penelitian ini menghasilkan bahwa terdapat keterkaitan 4 aspek yaitu Sumber Daya Alam, Sumber Daya Manusia, Modal Fisik, Modal Sosial terhadap Aspek Modal Finansial. Pemanfaatan hubungan sosial lewat event Monginsidi yang diadakan oleh masyarakat sekitar yang didukung oleh pemerintah sekitar dan diadakan tepat di sepanjang Jalan Monginsidi tersebut dapat meningkatkan kreatifitas, inovasi dan pendapatan para pelaku usaha. Adanya branding berpengaruh terhadap perluasan jangakauan pasar dalam suatu usaha. Meskipun lokasi strategis, mudah di jangkau dan terlihat tidak menentukan luasnya jangkauan pasar.

 

Kata Kunci : umkm, kuliner, livelihood

 


Full Text:

PDF

References


Abadi, M. F. 2018. Interaksi Komponen Sustainable Livelihood Memengaruhi Pilihan Penggunaan Air Bersih Pada Komunitas Urban di Kawan Permukiman Kumuh. Bali Medika Jurnal, Vol 5 no 1.

Alyas, M. Rakib. 2017. Strategi Pengembangan UMKM dalam Penguatan Ekonomi Kerakyatan(Studi Kasus Pada Usaha Roti Maros di Kabupaten Maros). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Pendidikan Ujung Pandang Universitas Negeri Makassar, vol 19, no 2.

Ananda, A. D., D. Susilowati. 2017. ‘Pengembangan UMKM Berbasis Industri Kreatif di Kota Malang’. Jurnal Ilmu Ekonomi, vol X, hal 120- 142.

Anwar, J. Sakaria. 2013. Strategi Nafkah(Livelihood) Masyarakat Pesisir Berbasis Modal Sosial . SOCIUS, vol XIII.

Ariani, M. N. Utomo. 2017. ‘Kajian Strategi Pengembangan UMKM DI Kota Tarakan’. Jurnal Organisasi dan Managemen, vol 13,no 2.

Hanggita,A.T. 2018. Analisis Faktor Pemilihan Lokasi Usaha Jasa pada UMKM di Kecamatan Paciran. Department of Management FEB UMM, vol 8,no.02.

Azzahra, F., A. H. Dharmawan. 2015. Pengaruh Livelihood Assets Terhadap Resiliensi Nafkah Rumah Tangga Petani Pada Saat Banjir di Desa Sukabakti Kecamatan Tambelang Kabupaten Bekasi. Jurnal Sosiologi Pedesaan, 1-9.

Hannekam, S., Bennett, D. 2017, Creative Industries work across multiple contexts: common themes and challenges. Personel Review, vol 46, no 1, hal 68-85.

Hindrayani, Aniek. 2010. Manajemen Operasi. Yogyakarta . Pohon Cayaha.

Hubeis, M., B. Purwanto, F. R. Dewi, H. Widyastuti, M. Febtyanisa, 2015, Strategi Pengembangan UMKM Pangan yang Berdaya Saing di Indonesia. Departemen Managemen Fakultas Ekonomi dan Managemen.

Kartika, M., Handarmin. 2018.Pemetaan Ekonomi Kreatif Subsektor Kuliner diKota Pontianak. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan. Vol 7, no 1.

Masengi, Grace. 2014. Analisis Keuntungan Usaha Rumah Makan El-Shadai di Kawasan Wisata Kuliner “Wakeke Manado”. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Universitas Sam Ratulangi, Fakultas Pertanian. Manado.

Ngadi. 2016. Diversifikasi Mata Pencaharian dan Pendapatan Rumah Tangga di Kawasan Pesisir Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. J. Sosek KP, Vol.11 No.2

Oktalina S. N., S. A. Awang, S. Hartono, P. Suryanto. 2015. ‘Pemetaan Aset Penghidupan Petani dalam Mengelola Hutan Rakyat di Kabupaten Gunung Kidul’. Jurnal Manusia & Lingkungan, vol 23, no 1.

Putra, A.H. 2016. Peran UMKM dalam Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora’. Jurnal Analisa Sosiologi.

Rahyuningsih, Y. 2017. ‘Dampak Keberadaan Industri Semen Terhadap Sistem Mata Pencaharian (Livelihood System) Nelayan Bayah’. Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Provins Banten.

Rathan, Wijayanti, M. R. 2016. Strategi Penghidupan Berkelanjutan Masyarakat Berbasis Aset di SUB DAS Pusur, DAS Bengawan Solo. Jurnal Wilayah dan Lingkungan, 133-152.

Saragih, J. F. 2008. Alokasi Waktu Kerja Petani Holtikultura Pinggiran Kota (Studi Kasus di Kelurahan Sumberjaya Kota Pematangsiantar. ISSN 0853-0203.

Suci, A. 2017. Import Performance Analysis Pelaku Usaha UMKM Sektor Kuliner di Pekanbaru. Jurnal Ilmu Komputer & Bisnis.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/ep.v4i2.4302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi

 

 

INDEXED BY   :

    

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.