PEMANFAATAN SISTEM UNTUK PENGELOMPOKAN PIUTANG DAN ARUS KAS DENGAN METODE UMUR PIUTANG

Rini Rubhiyanti, Febryantahanuji Febryantahanuji

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi arus kas dan pengelompokan piutang pada BKM Manunggal Sejahtera Semarang dan. Melalui pembuatan  Sistem Informasi Arus Kas dan Pengelompokann Piutang ini Berbasis Multiuser diharapkan dapat mempermudah bagian pembukuan untuk melakukan pencatatan data-data arus kas penerimaan dan pengeluaran angsuran pinjaman, serta untuk membuat laporan pengelompokan secara lebih cepat, yang digunakan oleh pihak BKM sebagai alat bantu pengelolaan dalam kegiatan keuangan di BKM Manunggal Semarang. Menggunakan metode penelitian pendekatan R&D penulis hanya melakukan pendekatan penelitian sampai pada tahapan yang ke 6 saja yaitu Metode Pengembangan Sistem Prototyping untuk menghasilakn sebuah produk dalam bentuk Prototype dengan 6 tahapan Penelitian dan Pengumpulan Data, Perencanaan, Pengembangan Produk Awal, Uji Coba Produk, Revisi Produk, Uji Coba Akhir.Hasil penelitian dari perancangan sistem informasi arus kas dan pengelompokan KSM adalah untuk memudahkan dalam melakukan pencatatan penerimaan dan pengeluaran angsuran pinjaman, serta untuk membuat laporan pengelompokan ksm secara lebih cepat di bandingkan dengan sistem manual yang digunakan pada BKM Manunggal Sejahtera  Semarang. Saat ini pihak BKM masih menggunakan sistem manual dalam pencatatan transaksi penerimaan dan pengeluaran angsuran pinjaman dan pengelompokan ksm, padahal dengan menerapkan sistem informasi akan meminimalisir resiko dalam kesalahan pencatatan, sehingga mendapatkan informasi yang lebih cepat dan lengkap.

 

Kata Kunci: sistem informasi akuntansi, sia, arus kas, umur piutang


Full Text:

PDF

References


Devilliani Saputri Ritonga, R. K. (2017). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Pada Pt. Xyz. Jsii Vol.2, No.1.

Gall, B. D. (1983). Educational Reseacrh: An Introduction (4ed). New York&London: Longman.

Krismiaji, K. D. (2002). Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: Akademi Manajemen Perusahaan Ykpn.

Nena, A. F. (2014). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Dalam Meningkatkan Pengendalian Internal Atas Pendapatan Di Rumah Sakit Herman Lembana. Emba Vol.3, No.4.

Rubhiyanti, R., Pratiwi, I., & Febryantahanuji, F. (2018). Penerapan Metode Economic Order Quantity (Eoq) Untuk Persediaan Barang Berbasis Web. Jae (Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi), 3(2), 12-23.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/ep.v4i2.4575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi

 

 

INDEXED BY   :

    

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.