PERAN SUPERVISI KLINIS DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH NURUL IMAN DASAN MAKAM

Ahmad Sehabuddin, Ahmad Jaenudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; teknik supervisi klinis, faktor yang menghambat, dan solusi pelaksanaan supervisi klinis serta peran supervisi klinis dalam menigkatkan kinerja guru di Madrasah Nurul Iman. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini yakni teknik pelaksanaan supervisi klinis yang dilaksanakan oleh kepala madrasah Nurul Iman yaitu teknik percakapan antar pribadi, teknik observasi kelas, dan teknik kelompok. Kendala pelaksanaan supervisi klinis yakni minimnya waktu dan banyaknya kelas yang dikunjungi oleh kepala madrasah. Solusi yang dilakukan kepala madrasah dalam mengatasi kendala tersebut yakni melakukan supervisi dengan teknik dialog dan rapat guru. Peran supervisi klinis dalam meningkatkan kinerja guru yaitu mendukung guru dalam mempersiapkan administrasi pembelajaran, mengkondusifkan dan memperbaiki suasana pembelajaran dan memotivasi guru.

 

Kata Kunci: supervisi klinis, kinerja guru

 


Full Text:

PDF

References


Alila. S., Maatta, K., & Uusiautti. S. 2016. How Does Supervision Support Inclusive Teacherhood? International Electronic Journal of Elementary Education. 8(3), 351-362.

Budiningsih. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Burhanuddin. 2006. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Era Otonomi Pendidikan. Malang: Usaha nasional.

Glickmann, C. D., Gordon, S. P., & Gordon, J. M. (1995). Supervision of instruction: A developmental approach (3rd ed.). Boston: Allyn & Bacon.

Imron, A. 2011. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, L. J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Ozdemir, T. Y and Ramazan, Y. 2015. A Situational Analysis of Educational Supervision in the Turkish Educational System. Educational Process: International Journal, Vol. 4, Issue 1-2, 56-70.

Rahmany., R, Hasani. M. T, & Parhoodeh. K. 2014. EFL Teachers‟ Attitudes towards Being Supervised in an EFL Context. Journal of Language Teaching and Research. 5(2), 348-359.

Ruhayati, Y., Saputra, M. Y dan Hamidi, A. 2013. Kontribusi Layanan Supervisi, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Dan Fasilitas Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Jasmani SMPN Se Kota Cimahi. Jurnal Penelitian. 10(2), 1-14.

Sahertian, P. 2008. Prinsip dan Tekhnik Supervisi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Soetjipto. 2003. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Thomas, T. (2008). Fixing teacher evaluation. Journal of Educational Leadership. 66(2), 32-37.

Unruh, A., & Turner, H. E. 2011. Supervision for change and innovation. Boston: Houghton-Mifflin

Veloo, A., Komuji, M. M. A., & Khalid, R. 2013. The effects of clinical supervision on the teaching performance of secondary school teachers. Procedia - Social and Behavioral Sciences. pp. 35-39.

Wibowo. 2010. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/ep.v4i2.4883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi

 

 

INDEXED BY   :

    

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.