PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS LINGKUNGAN (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 14 SEMARANG)

Kunti Nailal Khamidah, Indri Murniawati, Suspeni Suspeni

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran kewirausahaan berbasis lingkungan di SMA Negeri 14 Semarang. Fokus penelitian adalah implementasi pembelajaran kewirausahaan berbasis lingkungan di SMA Negeri 14 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan desain penelitian adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Uji keabsahan data menggunakan kesesuaian pengamatan, triangluasi, urian rinci dan auditing. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kewirausahaan terintegrasi dengan Pendidikan Lingkungan Hidup. Guru berperan sebagai pengajar, pendidik, pembimbing, pemimpin, motivator, dan fasilitator. Peserta didik berperan dalam manajemen, membuat rencana bisnis, diskusi kelompok, melakukan produksi, memanfaatkan lingkungan dan melakukan presentasi. Strategi yang digunakan adalah disko remik yaitu gabungan antara strategi Discovery Learning, Rencanakan, Elaborasi, Mengaplikasikan, Inovasi, Kompetisi. Metode pembelajaran yaitu ceramah, diskusi, tanya jawab, wawancara, dan presentasi. Materi yang diajarkan terdiri dari teori dan praktik. Penanaman nilai-nilai kewirausahaan dilakukan dengan berbagai cara menyesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Hasil pembelajaran kewirausahaan menekankan pada kognitif dan psikomotorik dengan pencapaian rata-rata A dan B. Saran yang diberikan adalah sekolah meningkatkan kerjasama dengan stakeholder dan kegiatan pembelajaran disesuaikan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Achmad Munib. (2015). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang:Unnes Pres

Darwanto. (2012). Peran Entreprenuership Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat. Diseminasi Riset Terapan Bidang Manajemen & Bisnis Tingkat Nasional Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Semarang.

Hamalik Oemar. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta:BumiAksara

Kementerian Pendidikan Nasional, Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. 2010.

Munif Chatib. (2016). Gurunya Manusia. Jakarta: Penerbit Mizan

Rusdiana. (2018). Kewirausahaan Teori dan Praktik. Bandung:Pustaka Setia

Suherman, Erman. (2010). Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta

Shodiqin., Slamet, Achmad., kardoyo. (2017). Upaya Penanaman Nilai Kewirausahaan Berani Mengambil Risiko melalui Pembelajaran Berbasis Business Plan pada Siswa SMK. Journal of Economic Education, Volume 6 (1) Hal. 43-51

Tjumano, Datuak. (2018). Kerusakan Lingkungan Hidup di Indonesia. Jurnalintelijen.net/2018/07/03/kerusakan-lingkungan-hidup-di-indonesia/ (Diakses 21 Maret 2019)

Uno dan Mohamad. (2015). Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif Inovatif Lingkungan Kreatif Efektif Menarik. Jakarta:Bumi Aksara

Worldmeters.com. (2019). Jumlah Penduduk Terbanyak di Dunia. https://www.worldometers.info/world-population/ (Diakses 21 Maret 2019)




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/ep.v4i2.4884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi

 

 

INDEXED BY   :

    

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.