Berpikir Aljabar Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV ditinjau dari Gender

Ajeng Novitasari, Cahya Mar'a Saliha Sumantri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir aljabar siswa SMP dalam menyelesaikan masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel ditinjau dari gender. Penelitian ini dilakukan di SMP Terpadu Al-hidayah pada siswa SMP laki-laki dan perempuan dengan kemampuan matematis tinggi. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini adalah indikator berpikir aljabar dari Lew Hee-Chan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan antara berpikir aljabar siswa laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan masalah SPDV. Subjek laki-laki dan perempuan menggunakan cara yang berbeda untuk menemukan variabel yang belum diketahui. Subjek laki-laki memiliki penalaran yang lebih baik dalam menyelesaikan soal SPLDV, sedangkan perempuan lebih detail dalam menyelesaikan soal SPLDV

Keywords


Berpikir Aljabar; SPLDV; Gender

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v7i1.20145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika  telah terindeks pada:

           

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika  by  Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at  http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.