EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DI TINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning/PjBL) yang terintegrasi dengan pendekatan STEAM terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, ditinjau dari tingkat kemampuan penalaran matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimen dengan desain post only control group. Subjek penelitian adalah siswa sekolah menengah yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan model PjBL-STEAM dan kelompok kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan berpikir kreatif, tes penalaran matematis, serta lembar observasi untuk mengevaluasi proses pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL-STEAM secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Analisis lebih lanjut mengungkapkan bahwa siswa dengan tingkat kemampuan penalaran matematis tinggi cenderung menunjukkan peningkatan lebih besar dalam berpikir kreatif, sementara siswa dengan kemampuan penalaran matematis rendah tetap menunjukkan peningkatan meskipun tidak sekuat kelompok lainnya. Hal ini mengindikasikan bahwa keterpaduan STEAM dalam model PjBL efektif dalam memfasilitasi pengembangan keterampilan berpikir kreatif melalui kegiatan kolaboratif dan eksploratif. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa model PjBL-STEAM merupakan pendekatan yang inovatif dan relevan dalam mengembangkan keterampilan abad ke-21, khususnya kemampuan berpikir kreatif, dengan mempertimbangkan variasi tingkat penalaran matematis siswa. Model ini dapat diimplementasikan lebih luas dalam pembelajaran matematika dan sains untuk menghasilkan pengalaman belajar yang bermakna.
Keywords
References
Anisa,and Elyana, “Hubungan dan Kemampuan Berfikir Kreatif Dan Pemahaman Konsep Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematikaâ€, Jurnal Ekuivalen, vol. 24. no. 02, pp. 3204, 2016
Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan, Metode dan Paradigma Baru. PT. Rosdakarya.
Budiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian Edisi ke-2. UNS Press.
Fardah, D. K. (2012). Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Jurnal Kreano, 3(2), 1–10. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/2616
H.R. Maharani, Sukestiyarno and B. Waluya, “Creative thinking process based on wallas model in solving mathematics problemâ€, Journal on Emerging Mathematics Education, vol. 1. no. 2, pp. 177-184, 2017
Istianah, E. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematik Dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (Meas) Pada Siswa Sma. Infinity Journal, 2(1), 43. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.23
Konita, M., Asikin, M., & Noor Asih, T. S. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis dalam Model Pembelajaran Connecting , Organizing , Reflecting , Extending. PRISMA,Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 611–615.
M. Trianggono,and M.Maulana, “Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep DenganKemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisikaâ€, Jurnal Pendidikan Fisika,vol. 3. no. 1, pp. 2442-8868, 2017
Maruf, A., Indiati, I., & Harun, L. (2020). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Visual. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 26-32.
Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727
Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi Steam Dalam. DidNurhikmayati, I. (2019). Implementasi Steam Dalam. Didactical Mathematics, 1(2), 41–50.Actical Mathematics, 1(2), 41–50.
Oktaviani, V. A., Lyesmaya, D., & Maula, L. H. (2020). Meningkatkan pemahaman konsep matematika menggunakan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, dan Mathematics). Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5(2), 142. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/3677
Prabawa, E. A. dan Z. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa pada Model Project Based Learning Bernuansa Etnomatematika. Unnes Journal of Mathematics Eduction Research, 6(1), 120–129.
Purwasih, R. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Di Tinjau Dari Adversity Quotient Tipe Climber. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 323. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i2.2118
Rohman, M. A., Utami, R. E., & Indiati, I. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau dari Self Concept. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 88-98.
Ruslan, & Santoso. (2013). Pengaruh Pemberian Soal Open-Ended Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Kreano, 4(2), 138–150.
Sari, Y., Sutrisno, S., & Sugiyanti, S. (2020). Experimentation of Problem Based Learning (PBL) Model on Student Learning Motivation and Achievement on Circle Material. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 9(4).
Suci, M. P. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring Pada Mata Kuliah Insya’ Di Stai Ma’Arif Sarolangun. El-Jaudah : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 1(2), 59–68. https://doi.org/10.56874/faf.v1i2.134
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sutrisno, S., & Indiati, I. (2019). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 13(2), 163-172.
Wicaksono, W., Sugiyanti, S., & Zuhri, M. S. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bertipe Higher Order Thinking Skills Ditinjau Dari Gaya Belajar Dan Gaya Kognitif. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(5), 369-382.
Wijayanto, T., Supriadi, B., & Nuraini, L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Pendekatan Stem Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(3), 113. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i3.18561
Zahro, Ressa Fajriatuz, Sugiyanti Sugiyanti, and Supandi Supandi. "Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Dimensi Tiga Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa." Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 4.3 (2022): 194-200.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v7i6.21474
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.









