ANALISIS SELF CONCEPT DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET

Nike Dahlia

Abstract


Konsep diri siswa sering dikaitkan dengan kemampuan berpikir kreatif, meskipun hubungan antara keduanya belum sepenuhnya jelas. Atas dasar itulah, tujuan dari penelitian ini ialah untuk menelaah baik siswa maupun siswi di kelas XI-2 dan XI-3 di MAS Jabal Nur Paloh Lada memandang konsep diri mereka serta kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki, khususnya pada materi barisan dan deret aritmetika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan dilaksanakan di MAS Jabal Nur Paloh Lada, Kabupaten Aceh Utara. Subjek penelitian berjumlah 23 siswa dari kelas XI-2 dan XI-3, dengan 5 orang di antaranya dipilih sebagai sampel berdasarkan hasil penilaian konsep diri dan kemampuan berpikir kreatif. Adapun kegiatan pengumpulan data dapat dilakukan berupa angket, tes, serta wawancara dan dokumentasi. Sehingga didapatkan hasil dari penelitian ini yang menunjukkan bahwa siswa memiliki Tingkat kemampuan berpikir kreatif bervariasi dengan konsep diri tinggi. Sementara itu, siswa dengan konsep diri sedang cenderung berada pada kategori kemampuan berpikir kreatif rendah, demikian pula siswa dengan konsep diri rendah yang juga berada pada kategori rendah. Dengan demikian, hasil analisis mengindikasikan bahwa konsep diri tidak selalu berbanding lurus dengan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memahami materi barisan dan deret aritmetika.

 


Keywords


Self Concept; Kemampuan Berpikir Kreatif; Barisan dan Deret Aritmetika



DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v7i6.25022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika  telah terindeks pada:

           

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika  by  Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at  http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.