PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MATERI BOLA VOLI DI SMP N 1 KARIMUNJAWA 2016

Maftukin Hudah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournamen dengan pembelajaran konvensional
terhadap kemampuan hasil belajar bola voli (2) Perbedaan pengaruh antara tingkat motivasi
tinggi dan rendah terhadap hasil pembelajaaran materi bola voli (3) Interaksi antara model
pembelajaran cooperative learning dan motivasi Siswa. Penelitian ini menggunakan metode
eksperimen dengan rancangan factorial 2X2. Menggunakan teknik purposive sampling. Variabel
penelitian sebagai berikut: 1) variabel bebas yaitu model pembelajaran Team game tournament
dan konvensional. 2) variabel atribut yaitu motivasi tinggi dan motivasi rendah. 3) variabel
terikat
Hasil penelitian ini adalah: 1) perbedaan pengaruh pembelajaran kooperatif Team Game
Tournament (TGT) 82.72 dan konvensional 67.49 2) perbedaan pengaruh antara motivasi tinggi
(82.72) dan motivasi rendah (74.52) terhadap hasil belajar bola voli siswa motivasi tinggi
(82.72) lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar bola voli dengan motivasi rendah (74.52),
dan (3) interaksi antara model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament (TGT) (86,03)
dan konvensional (79,40).
Kesimpulan: 1) ada perbedaan yang signifikan dalam pengaruh antara (TGT) dan model
konvensional terhadap hasil belajar bola voli 2) ada perbedaan yang signifikan antara motivasi
tinggi dan rendah terhadap hasil pembelajaran bulutangkis, dan 3) ada interaksi antara model
pembelajaran dan motivasi terhadap hasil belajar bola voli
Kata Kunci: Model pembelajaran Cooperative Learning, Bola Voli, motivasi belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v1i1%20Juli.1095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.