Senam “Ayo Sakula” sebagai Implementasi Program UKS di SD Negeri 7 Panarung

Zuly Daima Ulfa, Uswatun Hasanah Purnama Sari, Jeff Agung Perdana, Siskaevia Siskaevia, Cukei Cukei, Bernisa Bernisa

Abstract


Usaha Kesehatan Sekolah merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan di lingkungan sekolah, namun pada umumnya implementassi belum optimal. Senam “Ayo Sakula” dikembangkan dengan mempertimbangkan gerakan dan musik yang sesuai untuk anak SD dan mengangkat tradisi Dayak. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi persepsi Program Senam “Ayo Sakula” dan menganalisis implementasi program UKS. Jenis penelitian kualitatif, dilakukan di SD Negeri 7 Panarung. Penggalian data menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Subjek adalah warga sekolah. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive yaitu dengan mempertimbangkan warga sekolah yang berkaitan dengan UKS dan Senam ““Ayo Sakula””. Persepsi terhadap Senam “Ayo Sakula” bahwa musik menarik, gerakan mudah diikuti, mengenal budaya daerah dan sangat baik jika menjadi salah satu Program UKS. Implementasi UKS terdiri tiga program pokok UKS dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada. Senam “Ayo Sakula” bisa menjadi warna baru dalam implementasi program UKS. Identifikasi 7 pilar MBS menjadi peluang dalam pengembangan Senam sebagai program UKS untuk meningkatkan kebugaran siswa.

Keywords


Anak-anak; Dayak; Ekstrakurikuler; Tradisi; Trias UKS

References


Aliviameita, A., Purwanti, Y. and Wisaksono, A. (2019) ‘Pelatihan Dokter Kecil Sebagai Upaya Mengembangkan Usaha Kesehatan Sekolah di Sekolah Dasar Kabupaten Sidoarjo’, JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), pp. 283–290. doi: 10.21067/jpm.v4i1.3260.

Aminah, S. et al. (2021) ‘Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) untuk Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal JKFT: Universitas Muhamadiyah Tangerang, 6(1), pp. 18–28. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/jkft/article/view/5214.

Arifin, Z. (2018) ‘Pengaruh Latihan Senam Kebugaran Jasmani (SKJ) terhadap Tingat Kebugaran Siswa Kelas V di MIN Donomulyo Kabupaten Malang’, Al Mudarris, Journal of Education, 1(1), pp. 22–29. Available at: http://e-journal.staima-alhikam.ac.id/index.php/al-mudarris/.

Ervina, Tahlil and Mulyadi (2018) ‘Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Puskesmas’, Jurnal Ilmu Keperawatan, 6(2), pp. 11–21. Available at: http://jurnal.usk.ac.id/jik/article/view/14248/12197.

Harvianto, Y. and Abeng, A. T. (2021) ‘Pelestarian Nilai Luhur Budaya Dayak Melalui Olahraga di Kota Palangka Raya’, Jendela Olahraga, 6(1), pp. 130–138. doi: 10.26877/jo.v6i1.7073.

Huwaida, Z., Anggraini, F. T. and Firdawati, F. (2022) ‘Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kebugaran Jasmani Siswa SDN 13 Sungai Pisang’, Jurnal Ilmu Kesehatan Indonesia, 2(4), pp. 243–248. doi: 10.25077/jikesi.v2i4.361.

Janwarin, L., Maahaly, H. M. and The, F. (2022) ‘Analisis Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SD Kristen Tananahu Kecamatan Teluk Elpaputih’, Moluccas Health Journal, 3(2), pp. 19–25. doi: 10.54639/mhj.v3i2.725.

Maidira Kariyanti, F. I. (2023) ‘Analisis Pelaksanaan Trias Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah Dasar Negeri Pongangan’, Jurnal Patriot, 5(2), pp. 103–117. Available at: http://patriot.ppj.unp.ac.id/index.php/patriot.

May Sheilla Channel (2021) Ayo Sakula. Indonesia: May Sheilla Channel. Available at: https://www.youtube.com/watch?v=t9unxgmoW_Q) .

Nurhana, Chrisnawati and Labertus (2018) ‘Faktor-Faktor Pendukung Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Tingkat Sekolah Dasar’, JKSI, 3(2). Available at: http://journal.stikessuakainsan.ac.id/index.php/jksi/article/view/122.

Nurhayu, M. ., Shaluhiyah, Z. and Indraswari, R. (2018) ‘Pelaksanaan Trias Usaha Kesehatan Sekolah pada Tingkat Sekolah Dasar di Wilayah Kecamatan Tembalang Kota Semarang’, Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 6(1), pp. 770–9. Available at: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm/article/view/20315/19157.

Perdana, J. A. and Harvianto, Y. (2020) ‘Perbedaan Tingkat Daya Tahan Kardiorespirasi Pada Peserta Ekstrakulikuler Bolavoli dan Bola Basket’, Jendela Olahraga, 5(2), pp. 114–121. doi: 10.26877/jo.v5i2.6183.

Rahmaddiansyah, R. et al. (2023) ‘Peningkatan Program Kesehatan Sekolah melalui Pembinaan Dokter Kecil pada Siswa di SDN 21 Limau Sundai Kabupaten Pesisir Selatan’, Buletin Ilmiah Nagari Membangun, 6(1), pp. 26–34. Available at: http://buletinnagari.lppm.unand.ac.id.

Saadah, N. et al. (2022) Buku Panduan Dokter Kecil. Edited by R. R. Rerung. Jakarta: CV Media Sains Indonesia.

Sumarsono, A. and Wasa, C. (2019) ‘Pengembangan Senam Kebugaran “Kitorang Bersatu” Pada Suku Marind Pappua’, Jendela Olahraga, 4(1), pp. 1–11. doi: 10.26877/jo.v4i1.2417.

Supriyatno et al. (2021) Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) pada Kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Cetakan 1. Jakarta. Available at: Direktorat Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Susanto et al. (2019) Pedoman Pembinaan dan Pengembangan UKS/M. Cetakan Keenam. Edited by Siti Nuraeni M and A. Suharyanto. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tim Direktorat Sekolah Dasar (2020) Tata Kelola UKS di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Utami, P., Chotimah, I. and Khodijah Parinduri, S. (2021) ‘Faktor yang Berhubungan dengan Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Tingkat SD/MI di Wilayah Kerja Puskesmas Karanggan Kabupaten Bogor Tahun 2020’, Promotor, 4(5), pp. 423–435. doi: 10.32832/pro.v4i5.5655.




DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v9i1.16982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.