STRATEGI IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN PENJAS DIKAJI DARI PERSPEKTIF LPTK

Fajar Ari Widiyatmoko

Abstract


Pendidikan Jasmani selain terbukti memberi keuntungan terhadap dimensi fisik tetapi juga diyakini
memberi keuntungan terhadap pengembangan dimensi afektif, sosial dan kognitif. Implementasi nilai
pendidikan ke dalam kurikulum penjas di Indonesia bisa dibilang sempurna, namun tidak demikian
dengan implementasi nilai pendidikan dalam pembelajaran penjas di sekolah. Perlu ada strategi agar
nilai-nilai pendidikan yang mulia tersebut dapat direalisasikan dalam pembelajaran sehar-hari. Dari
perspektif Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), penguatan terhadap pendampingan dan
pengendalian proses transfer dari kurikulum sebagai dokumen ke dalam kurikulum sebagai proses
pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah merupakan hal yang urgen dilakukan, beberapa
diantaranya adalah: 1) Meningkatkan kemampuan mahasiswa calon guru Pendidikan Jasmani dalam
menerapkan berbagai inovasi untuk lebih menjamin kesesuaian antara kurikulum sebagai dokumen dan
proses pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah, 2) Penguatan Program Pengalaman Lapangan
(PPL), 3) Penguatan Program Mentoring.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v2i2.1699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.