PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA KESEHATAN (PJOK) TERINTEGRASI DENGAN AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN BAHASA ARAB (ISMUBA) DI SD/MI MUHAMMADIYAH

Agung Widodo

Abstract


SD/MI Muhammadiyah sebagai lembaga pendidikan Islam memiliki salahsatu ciri khusus yang menjadi keunggulan yaitu Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (ISMUBA). Idealnya, nilai-nilai ISMUBA tersebut diimplementasikan ke dalam segala aspek kegiatan di sekolah muhammadiyah termasuk di dalam pembelajaran. Salahsatu implementasi dalam pembelajaran idealnya diwujudkan salahsatunya dalam bentuk bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) merumuskan kebutuhan bahan ajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) menurut guru di lingkungan pendidikan Muhammadiyah; dan (2) mengembangkan prototype menjadi bahan ajar PJOK yang terintegrasi dengan Al Islam, Kemuhammadiyah, dan Bahasa Arab (ISMUBA) di SD/MI Muhammadiyah.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) untuk menghasilkan bahan ajar. Tahapan dalam metode ini terdiri atas tiga tahapan yaitu (1) tahap studi pendahuluan, yaitu studi literatur dan studi lapangan; (2) tahap pengembangan, meliputi: analisis bahan ajar, desain produk awal (prototype); dan (3) tahap evaluasi, yang terdiri dari validasi ahli dan uji lapangan untuk menguji kelayakan dan keefektifan bahan ajar PJOK terintegrasi ISMUBA di SD/MI Muhammadiyah. Penelitian ini sudah sampai pada tahap yang ketiga yaitu tahap evaluasi dengan dilakukannya uji kelayakan bahan ajar pada uji skala kecil. Akan tetapi, dikarenakan keterbatasan waktu uji keefektifan bahan ajar belum dilakukan.

Hasil validasi ahli materi yang diperoleh dari penilaian yang dilakukan oleh ahli ISMUBA dan ahli pendidikan jasmani sekolah dasar terhadap draf bahan ajar yang dikembangkan secara keseluruhan diperoleh skor 81.5 dari skor maksimal 110. Setelah dihitung persentasenya penilaian dari ahli (validator) menunjuk pada angka 74,09%. Selanjutnya, berdasarkan hasi penilaian praktisi pada uji skala kecil diperoleh skor 80 dari skor maksimal 110. Setelah dihitung persentasenya, menunjuk pada angka 74,09%. Hal ini menunjukkan bahan ajar tematik integratif PJOK dengan ISMUBA di SD/MI Muhammadiyah dikategorikan sebagai bahan ajar yang baik/layak digunakan dalam pembelajaran.

Full Text:

48-56


DOI: http://dx.doi.org/10.26877/jo.v3i1.2059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.