Pengaruh Media Latihan Audio Visual Terhadap Keterampilan Teknik Dasar Lay-Up Basket pada Ekstrakurikuler Basket

Reshandi Nugraha, Salman Salman, Iwa Ikhwan Hidayat, Tian Kurniawan, Agil Al Munawar Rusdiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap keterampilan teknik dasar lay-up pada kegiatan ekstrakurikuler bola basket di SMPN 26 Kota Bandung. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment), yang melibatkan dua kelompok: kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan berupa media audio visual, dan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan tersebut. Instrumen penelitian berupa tes keterampilan lay-up sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) perlakuan.Hasil analisis menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan nilai rata-rata dari 13,45 (pretest) menjadi 17,09 (posttest), dengan nilai p = 0,008 (p < 0,05), yang menunjukkan peningkatan signifikan secara statistik. Selain itu, standar deviasi menurun dari 1,78 menjadi 1,57, yang mengindikasikan pemerataan hasil antar peserta. Sebaliknya, kelompok kontrol mengalami penurunan rata-rata dari 12,55 menjadi 11,64, dengan nilai p = 0,162 (tidak signifikan). Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual secara signifikan dapat meningkatkan keterampilan teknik dasar lay-up peserta ekstrakurikuler bola basket. Hasil ini merekomendasikan pemanfaatan media audio visual sebagai strategi pembelajaran yang efektif dalam pelatihan keterampilan olahraga di tingkat sekolah menengah pertama.


Keywords


Media audio visual, keterampilan lay-up, Bola basket, Ekstrakurikuler, SMP

References


Mulyana, I. I., Shofiyah, H., Komara, D., & Hambali, B. (2024). Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Jurnal Ilmiah Spirit, 24(2), 112-120. https://doi.org/10.36728/jis.v24i2.3611

Budiman, A. (2022). Meningkatkan keterampilan gerak lokomotor siswa melalui permainan tradisional galah asin. Journal of Physical and Outdoor Education, 4(1), 16-23. https://doi.org/10.33394/gjpok.v11i2.13100

Budiman, R. D. A., Liwayanti, U., & Arpan, M. (2022). Analisis Kebutuhan dan Kesiapan Penerapan Media Pembelajaran berbasis Android Materi Ilmu Akidah. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 6(1), 31-38. https://doi.org/10.29408/edumatic.v9i1

Arsyad, M., Shanda, A. A., Rizkianti, E. M., Rinelda, M. S., & Gustian, D. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Tentang Pentingnya Olahraga Bagi Kesehatan di Desa Bencoy Kecamatan Cireunghas Kabupaten Sukabumi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Abdi Putra, 3(2), 140-144. https://doi.org/10.52005/abdiputra.v3i2.49

Sudjana, N., & Rivai, A. (2010). Media pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Damanik, S. A., & Mehaga, M. P. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Lay Up Shoot Bola Basket Berbasis Drill Pada Mahasiswa Pjkr Fik-Unimed Tahun 2020. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 21(01), 99-103. https://doi.org/10.24114/jik.v21i1.34466

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau permasalahan rendahnya kualitas pendidikan di indonesia dan solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1-13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765

Sugiyono, and Puji Lestari. "Metode penelitian komunikasi (Kuantitatif, kualitatif, dan cara mudah menulis artikel pada jurnal internasional)." (2021).

Harahap, G. M., Kurniati, U., Harahap, A., Yunus, F., & Suyono, S. (2025). Analisis Komprehensif Pendekatan Pedagogis dalam Pendidikan Gerak dan Olahraga. ALACRITY: Journal of Education, 23-37. https://doi.org/10.52121/alacrity.v5i1.530

Biggs, J., & Tang, C. (2011). Teaching for Quality Learning at University (4th ed.). McGraw-Hill Education.

Navio-Marco, J., Ruiz-Gómez, L. M., Arguedas-Sanz, R., & López-Martín, C. (2024). The student as a prosumer of educational audio–visual resources: a higher education hybrid learning experience. Interactive Learning Environments, 32(2), 463-480. https://doi.org/10.1080/10494820.2022.2091604

Bores-García, D., Cano-de-la-Cuerda, R., Espada, M., Romero-Parra, N., Fernández-Vázquez, D., Delfa-De-La-Morena, J. M., ... & Palacios-Ceña, D. (2024). Educational research on the use of virtual reality combined with a practice teaching style in physical education: A qualitative study from the perspective of researchers. Education Sciences, 14(3), 291. https://doi.org/10.3390/educsci14030291

Bloom, B. S. (1984). The 2 Sigma Problem: The Search for Methods of Group Instruction as Effective as One-to-One Tutoring. Educational Researcher, 13(6), 4–16. https://www.jstor.org/stable/1175554

Cohen, J. (1988). Statistical Power Analysis for the Behavioral Sciences (2nd ed.). Lawrence Erlbaum Associates.

Hattie, J. (2009). Visible Learning: A Synthesis of Over 800 Meta-Analyses Relating to Achievement. Routledge.

Marzano, R. J. (2003). Classroom Instruction That Works: Research-Based Strategies for Increasing Student Achievement. ASCD.

Prince, M. (2004). Does Active Learning Work? A Review of the Research. Journal of Engineering Education, 93(3), 223–231.

Rosenshine, B. (2012). Principles of Instruction: Research-Based Strategies That All Teachers Should Know. American Educator, 36(1), 12–19.

Slavin, R. E. (2002). Evidence-Based Education Policies: Transforming Educational Practice and Research. Educational Researcher, 31(7), 15–21. https://doi.org/10.3102/0013189X031007015

Ali, A. D., Maulana, F., & Nugraheni, W. (2023). Peningkatan keterampilan teknik dasar lay up melalui audio visual dalam permainan bola basket. Jurnal Porkes, 6(1), 136-151. https://doi.org/10.29408/porkes.v6i1.14060




DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v10i3.23687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bandar Slot