Pengembangan Model Achievement Motivation Training Berbasis Permainan Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu rancangan model Achievement Motivation Training berbasis permainan pada pembelajaran pendidikan jasmani dan memperoleh data empiris tentang efektivitas hasil Model Achievement Motivation Training berbasis permainan pada pembelajaran pendidikan jasmani Sekolah Menengah Pertama.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dari Borg dan Gall yang terdiri dari sepuluh langkah. Subjek penelitiannya adalah siswa Mts Negeri 1 Pangkalpinang kelas VII. Hasil akhir penelitian ini berupa video pembelajaran pendidikan jasmani model Achievement Motivation Training berbasis permainan pada Sekolah Menengah Pertama dengan jumlah model final 8 model yang telah melalui evaluasi ahli, ujicoba dan revisi.
Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil didapatkan persentase sebesar 89% sehingga dapat dikatagorikan Layak digunakan. Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok besar didapatkan persentase sebesar 96% sehingga dapat dikatagorikan Layak digunakan. Hasil analisis data dari evaluasi ahli Penjas, didapat rata-rata penilaian 82,5%. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan maka produk model Achievement Motivation Training berbasis permainan ini telah memenuhi kriteria Baik sehingga Layak digunakan. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa, model Achievement Motivation Training berbasis permainan pada pembelajaran pendidikan jasmani Sekolah Menengah Pertama efektif digunakan untuk meningkatkan hasil pembelajaran pendidikan jasmani siswa kelas V11.
Full Text:
54-64References
Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall.1983. Educational Research: An Introduction, Eighth Edition. New York: Longman.
Fess, Reeve, Warren. 2005. Pengantar Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.
Hamalik, Oemar. 2000. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Al Gesindo
Joyce Bruce, et al., 1996. Model of Teaching, Boston: Allyn and Bacon.
Nana Sudjana, 2000. Dasar-dasar Belajar Mengajar. Bandung: PT Sinar Baru Algensindo
Nasution. S. 2002. Berbagasi Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Slameto. 1995. Belajar Dan Factor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka cipta. Edisi revisi
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta
Sumadi Suryabrata. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali.
Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Weinberg, Robert S & Daniel Gould. 2003. Foundations of sport and Exercise Psychology Ed 3rd. USA: Human Kinetics.
WJS. Poerwadarminta, 1993. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v3i2.2498
Refbacks
- There are currently no refbacks.