Peningkatan Hasil Belajar Materi Sepak Takraw Dengan Metode Tgt (Teams Games Tournaments) dan Recyprocal Style

Dani Slamet Pratama

Abstract


Cabang olahraga sepak takraw merupakan materi PJOK yang tergolong pada materi permainan bola kecil yang dipelajari di sekolah. Permasalahan dalam pembelajaran penjas yang dialami guru dalam mengajar permainan bola kecil pada materi sepak sila adalah siswa kurang antusias dalam proses pembelajaran di sekolah. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling Random yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan khusus, memilih 2 kelas dari 6 kelas dengan cara diundian dan sampel yang digunakan sebanyak 62 siswa. Sampel dibagi menjadi 2 dan diberikan pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) dan Reciprocal Style, selanjutnya sampel dites menggunakan untuk mengetahui data awal. Analisis data menggunakan SPSS dengan alur uji normalitas dan homogenitas, uji T ( uji banding 2 sampel ). Hasil peenelitian menunjukan sebagai berikut : 1) Uji normalitas dari hasil penelitian didapatkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) pada kedua kelas yaitu sebesar 0,425 dan 0,698 lebih besar dari 0,05 sehingga data berdistribusi normal. Uji Homogenitas dari hasil penelitian didapatkan nilai Sig. adalah 0,333 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa varian dari data bersifat homogen. Uji T dari hasil penelitian pada mean didapatkan rata-rata pada strategi pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) sebesar 79,65 dan rata-rata pada strategi pembelajaran Recyprocal Style sebesar 77,4758. Karena nilai rata-rata strategi pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) lebih besar dari strategi pembelajaran Recyprocal Style, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) lebih baik dibandingkan dengan strategi pembelajaran Recyprocal Style.

Kata Kunci : TGT (Teams Games Tournaments), Recyprocal Style, Hasil BelajarĀ  Sepak Takraw


Full Text:

78-84

References


Abdul Majid. 2013. Perencanaan Pembelajaran. PT REMAJA ROSDAKAYA. BANDUNG.

Darwis, R., dkk. 1992. Olahraga Pilihan : Sepak takraw. Jakarta: Dirjen Dikti. P2LPTK, Depdikbut.

Samsudin. 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan SMA/MA. Jakarta: Litera.

Sugiyono. 2017. Statistik untuk penelitian. ALFABETA. BANDUNG.

Sulaiman. 2008. Sepak Takraw. Pedoman Bagi Guru Olahraga Pembina, Pelatih, Dan Atlet. Universitas Negeri Semarang : Semarang




DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v3i2.2514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.