Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Materi Bola Basket Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ketanggungan

okti nauli putri, Maftukin Hudah

Abstract


     Latar belakang dari penelitian ini adalah, adanya fenomena  dimana nilai karekter merupakan suatu hal yang penting, hal ini terlihat dari adanya proses penanaman karakter pada siswa di sekolah, sementara kenyataannya dari hasil observasi, masih banyak siswa yang menunjukan perilaku yang tidak sesuai, maka perlu adanya penanaman nilai-nilai pendidikan karakter secara efektif. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Materi Bola Basket Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ketanggungan.

     Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang menggunakan disain penelitian Quasi Experimental Desig, dimana terdapat kelas experiment dan contro. Populasinya adalah Siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ketanggungan, sempelnya adalah siswa kelas VIII E. Variable bebas penelitian adalah role playing, dan terikat karakter siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket.

     Hasil penelitian ini terdapat pengaruh model pembelajaran role playing materi bola basket terhadap pembentukan karakter siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ketanggungan. Hasil penelitian ke dua mendapat skor maksimal,religious 88%, jujur   75%, toleransi 66%, disiplin 66%, kerja keras 72%, kreatif 63%, mandiri 63%, demonstrasi 63%,rasa ingin tahu 47%, semangat kebangsaan 56%, cinta tanah air 53%, menghargai prestasi 53%, bersahabat / komunilatif 66%, cinta damai 56%, gemar membaca 63%, peduli lingkungan 63%, peduli social 63%, dan tanggung jawab 69%.

     Simpulan dari penelitian adalah, terdapat pengaruh role playing terhadap peningkatan karakter pada siswa, terdapat nilai karakter yang paling menonjol yaitu religious dan jujur. Peneliti menyarankan kepada pendidik agar Pendidik maupun calon pendidik bisa lebih tegas pada siswa, dan lebih bisa mengerti pentingnya menanamkan nilai karakter pada siswa, dan menggunakan berbagai macam  model pembelajaran saat mengajar di sekolah agar siswa tidak jenuh dan senantiasa memperhatikan pelajaran.

Full Text:

PDF (Bahasa)

References


Akhmad, Muhaimin. (2011). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia: Revitalisasi Pendidikan Karakter Terhadap terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Aqib, Zainal. (2017). Model-model Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Baroroh, K. (2011). “Upaya Meningkatkan Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Penerapan Metode Role Playing”. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. 2 (8) 149-163.

Doni, Koesoema A. (2010). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Hamdani. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Huda, Miftahul. (2014). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hunayani, dan Slamet Santoso. (2018). “Peningkatan Lompat Jauh Menggunakan Metode Roleplaying Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Ngadirejo Tahun Peljaran 2016/ 2017”. Jurnal Ilmiah PENJAS, ISSN : 2442-3874. 1 (4) 43-51.

Kosasih, E. (2018). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi

Kurikulum 2013.Bandung: Yrama Widya.

Kurniawan, A. (2014). Survei Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Seni Budaya Tingkat SMP Negeri Di Wilayah Kecamatan Wonosari. Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Seni Musik Fakultas Bahasa Dan Seni UNY. Tidak diterbitkan.

Samani, Muclas dan Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

---------------. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Samsudin. (2008). Pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Edisi pertama. Jakarta: Litera

Setyaningsih, A. (2017). Peran Guru Penjas Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Smp Negeri Se-Kabupaten Klaten. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY. Tidak diterbitkan.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Supriyanto, T. (2015). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulla. Tidak diterbitkan.

Syarifudin, Ahmad. (2011). “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Belajar dan Faktor-fakror yang Mempengaruhinya”. Jurnal TA’DIB. 1 (XVI) 114-135.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahyudin, F. (2014). Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pkn Kelas IV. Artikel Penelitian. Pontianak: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura.

Wiradihardja, Sudrajat. dkk. (2016). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Balitbang: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v4i2.4005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.