Analisis Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas Atas Ditinjau Dari Keikutsertaan Dalam Ekstrakurikuler

Fajar Bahari, Yulingga Nanda Hanief, Slamet Junaedi

Abstract


It is not yet known the level of physical fitness of students who take extracurricular sports in SDN 2 Plemahan is the background of this study. The formulation of the problem taken is: What is the level of physical fitness of upper-class students at SDN 2 Plemahan?. This research is a quantitative descriptive study with survey techniques. The sample used upper-class students who participated in extracurricular basketball, volleyball, futsal, martial arts as many as 44 children. The research instrument used the Indonesian Physical Fitness Test (TKJI), namely the 40-meter Running test, the elbow hanging, lying down, upright jumping, running 600 meters. The data analysis technique uses percentage analysis with the TKJI norm. The results of this study are: (1) The level of physical fitness of basketball extracurricular upper-class students falls into the medium category (2) The level of physical fitness of upper-class extracurricular volleyball clubs falls into the medium category, (3) The level of physical fitness of upper-class students futsal extracurricular entry in the medium category (4) The level of physical fitness of pencak silat extracurricular upper-class students falls into the medium category

Keywords: Physical fitness, Student, Upper-class, Extracurricular, Sports

 

Abstrak

Belum diketahui tingkat kebugaran jasmani siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SDN 2 Plemahan menjadi latar belakang penelitian ini. Rumusan masalah yang diambil adalah: Seberapakah tingkat kebugaran jasmani siswa kelas atas SDN 2 Plemahan?. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsitif kuantitatif dengan teknik survei. Sampel menggunakan siswa kelas atas yang mengikuti ekstrakurikuler bolabasket, bolavoli, futsal, pencak silat sebanyak 44 anak. Instrumen peneltian menggunakan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) yaitu tes Lari 40 meter, Gantung siku, baring duduk, loncat tegak, lari 600 meter. Teknik analisis data menggunakan analisis persentase dengan norma TKJI. Hasil penelitian ini adalah: (1) Tingkat kebugaran jasmani siswa kelas atas ekstrakurikuler bola basket masuk dalam kategori sedang (2) Tingkat kebugaran jasmani siswa kelas atas ekstrakurikuler bolavoli masuk dalam kategori sedang, (3) Tingkat kebugaran jasmani siswa kelas atas ekstrakurikuler futsal masuk dalam kategori sedang (4) Tingkat kebugaran jasmani siswa kelas atas ekstrakurikuler pencak silat masuk dalam kategori sedang

Kata kunci: Kebugaran jasmani, Siswa, Kelas atas, Ekstrakurikuler, Olahraga


Keywords


Physical fitness, Upper-class, Extracurricular

Full Text:

PDF (Bahasa)

References


Azidman, L., Arwin, & Syafrial. (2017). Profil Kondisi Fisik Pemain Sepak Bola SMA Negeri 1 Kaur. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1(1), 35–39.

Hanief, Y. N., & Sugito, S. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1), 60. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575

Hardiansyah, S., & Syampurma, H. (2017). Perbedaan Tingkat Kesegaran Jasmani Berdasarkan Status Gizi. Perbedaan Tingkat Kesegaran Jasmani Berdasarkan Status Gizi, 7(1), 24–34. https://doi.org/10.15294/miki.v7i1.10934

Nasional, D. P. (2010). Tes Kesegaran Jasmani Indonesia. Jakarta.

Nugraha, B. (2015). PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA USIA DINI. Jurnal Pendidikan Anak. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12344

Prakoso, D. P., & Hartoto, S. (2015). Pengukuran Tingkat Kebugaran Jasmani Terhadap Siswa Yang Mengikuti Ekstrakulikuler Bolavoli di SMS DR.Soetomo Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Volume 3(1), 9–13. https://doi.org/10.1098/rstb.2014.0015

Rosadi, A. (2017). Ekskul. pola komunikasi edukatif antara guru dengan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMPN 2 WERA KABUPATEN BIMA.

Samsudin. (2008). Pembelajaran pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SD/M. Jakarta: Litera Prenada Media Group.

Sharkey, B. . (2003). Fitness And Health. (Eri Desmarini Nasution, Ed.) (Terjemahan). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wirnantika, I., Pratama, B. A., & Hanief, Y. N. (2017). Survey Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas IV SDN Puhrubuh I dan MI Mambaul Hikam di Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Sportif, 3(2), 240. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i2.11898

Yahya, A. A., & Sufitriono, S. (2020). Pembelajaran Metode Drill Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Pada Permainan Bolavoli Siswa SMPN 2 Mare Kabupaten Bone. Jendela Olahraga, 5(1), 1. https://doi.org/10.26877/jo.v5i1.4179

Yuliawan, D. (2016). Pembentukan Karakter Anak Dengan Jiwa Sportif Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Sportif, 2(1), 101–112.




DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v5i2.6167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.