Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme melalui Model PAKEM dalam Permainan Bolavoli pada Sekolah Menengah Pertama
Abstract
The purpose of this article is to provide information about learning that adheres to the theory of constructivism through the active, creative, effective, and fun learning model (PAKEM) in volleyball game material in grade VII Junior High School. Constructivism learning theory provides opportunities for students to build their own conceptual knowledge through teacher facilitation. Physical education, sports, and health (PESH) learning activities involve moving activities to achieve competence. The volleyball game is one of the materials used in learning PESH movements. The principle of learning PESH is to involve students to be active and enjoy when doing physical activities. The PAKEM model is an alternative that can be used in volleyball learning for seventh grade students of junior high school. The PAKEM model helps students build their own knowledge through the variety of lessons the teacher provides. In conclusion with the PAKEM model students can be active, creative, effective, and happy while learning volleyball in PESH is presented. Teachers need to innovate continuously to design learning models that are appropriate to the characteristics of students.
Keywords:constructivism learning theory, PAKEM, physical education, volleyball
Abstrak
Tujuan dari artikel ini adalah memberikan informasi tentang pembelajaran yang menganut teori konstruktivisme melalui model pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM) dalam materi permainan bolavoli pada kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Teori belajar konstruktivisme memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membangun sendiri pengetahuan konseptual melalui fasilitasi guru. Aktivitas pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) pelaksanaan melibatkan kegiatan bergerak untuk mencapai kompetensi. Permainan bolavoli merupakan salah satu materi yang menjadi dalam pembelajaran gerak PJOK. Prinsip pembelajaran PJOK adalah melibatkan siswa untuk aktif dan senang ketika aktivitas melakukan fisik. Model PAKEM merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran bolavoli pada siswa kelas VII SMP. Model PAKEM membantu siswa membangun pengetahuannya sendiri melalui variasi pembelajaran yang disajikan oleh guru. Kesimpulannya dengan model PAKEM siswa dapat aktif, kreatif, efektif, dan senang selama pembelajaran bolavoli dalam PJOK disajikan. Guru perlu melakukan inovasi secara berlanjut untuk merancang model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik.
Kata kunci:teoribelajar konstruktivisme, PAKEM, pendidikan jasmani, permainan bolavoli
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa)References
Ahmadi, H. A., & Supriyanto, W. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Aisyah, N. (2007). Pengembangan Pembelajaran Matermatika SD. Jakarta: Ditjen Pendidikan Tinggi.
Amri, S. (2015). Implementasi Pembelajaran Aktif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Arifin, Y. (2002). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan. Bandung: PT Genesindo.
Asmani, J. M. (2012). 7 Tips Aplikasi PAKEM (Menciptakan Metode Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas). Yogyakarta: Diva Press.
BSNP. (2006). Standar Isi: Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP/MTs. Jakarta: BSNP.
BSNP. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 (2016). Indonesia.
Bucher, C. A. (1983). Foundations of Phisical Education & Sport. St Louis: The C.V. Mosby Company.
Buck, M. M., Jable, J. T., & Floyd, P. A. (2004). Introduction to Career in Health, Physical Education, and Sport. Wadsworth: Thomson Learning.
Budiningsih, C. A. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Depdiknas. (2005). Paket Pelatihan 2 (Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar melalui MBS, Peran serta Masyarakat, PAKEM). Jakarta: Depdiknas.
Dimyati, J. (2016). Pembelajaran Terpadu Untuk Taman Kanak-Kanak/ Raudatul Atfal Dan Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Duke, D. L. (1990). Teaching: An Introduction. New York: McGraw-Hill Publishing.
Dwiyogo, W. D. (2016). Pembelajaran Berbasis Blendend Learning: Model Rancangan Pembelajaran & Hasil Belajar Pemecahan Masalah. Malang: Wineka Media.
Eggen, P. D., Kauchack, D. P., & Harder, R. J. (1979). Strategies for Teachers: Information Processing Models in The Classroom. Englewood Cliffs: Prentice-Hall.
Ghufron, A. (2011). Pembelajaran PAKEM. Yogyakarta: FIP UNY.
Haris, A., & Jihad, A. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Hitipeuw, I. (2009). Belajar & Pembelajaran. Malang: FIP UM.
Joyce, B., & Weil, M. (2003). Models of Teaching (5th ed.). New DeIhi: Prentice-Hall.
Karli, H., & Margaretha, S. Y. (2004). Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi Model-Model Pembelajaran. Bandung: Bina Media Informasi.
Meirawan, D., Budimansyah, D., & Suparlan. (2012). PAKEM Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Jakarta: PT Genesindo.
Munir. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Mustafa, P. S., & Winarno, M. E. (2020). Pengembangan Buku Ajar Pengajaran Remedial dalam Pendidikan Jasmani untuk Mahasiswa S1 Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Universitas Negeri Malang. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(1), 1–12. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i1.7629
Mustafa, P. S., Winarno, M. E., & Asim. (2016). Pengembangan Variasi Latihan Service Atas untuk Peserta Ekstrakurikuler Bolavoli di SMK Negeri 4 Malang. Jurnal Pendidikan Jasmani, 26(1), 159–175.
Mustafa, P. S., Winarno, M. E., & Supriyadi. (2019). Penilaian Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembagan, 4(10), 1364–1379.
Nurdin, S., & Adriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Paturusi, A. (2012). Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Rineka Cipta.
Permendikbud. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.
Permendiknas. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Pestolesi, R. A., & Baker, C. (1990). Introduction to Physical Education A Contemporary Careers Approach. Glenview, Illinois: Scott, Foresman and Company.
Poedjiadi, A. (2005). Sains Teknologi Masyarakat. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Ratumanan, T. G. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: UNESA University Press.
Richey, R. C., Klein, J. D., & Tracey, M. W. (2011). The Instructional Design Knowledge Base: Theory, Research, and Practice. New York: Routledge Taylor & Francis.
Roesdiyanto. (2017). Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (Dalam Kompetensi Inti Pemahaman Tujuan Pembelajaran dan Memilih Materi Pembelajaran Sesuai dengan Tingkat Perkembangan Peserta Didik). Artikel dipublikasikan dalam Prosiding. In Seminar Nasional Profesionalisme Tenaga Profesi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (pp. 624–630). Malang: Jurusan Pendidikan Olahraga Pascasarjana UM.
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sagala, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Santrock, J. W. (2012). Psikologi Pendidikan: Educational Psychology Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.
Suhana, C. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Sukmadinata, N. S., & Syaodih, E. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Refika Aditama.
Suparno, P. (1997). Filsafat Konstruktiuvisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suyono, & Hariyanto. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Thobroni, M. (2015). Belajar & Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v6i1.6255
Refbacks
- There are currently no refbacks.