Survei Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Melalui E-Learning Siswa Smk Negeri Kota Sukabumi

Bachtiar Bachtiar, Asri Puspita Putri, Firman Maulana

Abstract


Based on the results of respondents through the google form, the researcher can conclude that students feel that learning physical education, sports and health through e-learning or online learning is not effective. In this study, the writer has the objective to find out the Physical and Physical Education Learning Outcomes through E-Learning of State Vocational School Students in Sukabumi City in 2019/2020 Academic Year in the form of survey research with descriptive presentation methods. Based on the results of data analysis, descriptive analysis, research results testing and discussion, it can be concluded that the learning outcomes of physical and health physical education through e-learning of State Vocational School students in Sukabumi City 2019/2020 Academic Year are in the "medium" category because there are already a few students who can  do e-learning at school. This can be seen from the calculation of the data that has been obtained as follows: SMK Negeri 1 Sukabumi City with 349 students with a percentage (40.01%), SMK Negeri 2 Sukabumi City with 224 students with a percentage (28.00%), SMK Negeri 3 Sukabumi City by  110 students with a percentage (12.06%) and State Vocational School 4 Sukabumi City were 168 students with a percentage (19.03%).  Thus it can be concluded that the physical and health physical education learning outcomes through e-learning of SMK Negeri Kota students.

Keywords: Learning Outcomes, Physical Education Sport and Health,  E-learning, SMK Negeri.

Berdasarkan hasil responden melalui google form peneliti dapat menyimpulkan bahwa siswa merasakan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan melalui e-learning atau pembelajaran online itu tidak efektif. Dalam penelitian ini, penulis memiliki tujuan untuk mengetahui Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan melalui E-Learning Siswa SMK Negeri Kota Sukabumi Tahun Pelajaran 2019/2020 pada bentuk penelitian survei dengan metode presentase deskriptif. Berdasakan dari hasil analisis data, deskriptif,  pengujian hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan melalui e-learning siswa SMK Negeri Kota Sukabumi Tahun Pelajaran 2019/2020 berada dalam kategori “sedang” karena sudah ada beberapa siswa yang dapat melakukan e-learning disekolah. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan data yang telah di dapatkan sebagai berikut: SMK Negeri 1 Kota Sukabumi sebanyak 349 siswa dengan presentase (40.01 %), SMK Negeri 2 Kota Sukabumi sebanyak 224 siswa dengan presentase (28.00 %), SMK Negeri 3 Kota Sukabumi sebanyak 110 siswa dengan presentase (12.06 %) dan SMK Negeri 4 Kota Sukabumi sebanyak 168 siswa dengan presentase (19.03 %). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan melalui e-learning siswa SMK Negeri Kota Sukabumi Tahun Pelajaran 2019/2020 dinyatakan dalam kategori paling banyak di SMK Negeri 1 Kota Sukabumi.

Kata kunci: Hasil belajar, PJOK, E-learning, SMK Negeri

Berdasarkan hasil responden melalui google form peneliti dapat menyimpulkan bahwa siswa merasakan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan melalui e-learning atau pembelajaran online itu tidak efektif. Dalam penelitian ini, penulis memiliki tujuan untuk mengetahui Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan melalui E-Learning Siswa SMK Negeri Kota Sukabumi Tahun Pelajaran 2019/2020 pada bentuk penelitian survei dengan metode presentase deskriptif. Berdasakan dari hasil analisis data, deskriptif, pengujian hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan melalui e-learning siswa SMK Negeri Kota Sukabumi Tahun Pelajaran 2019/2020 berada dalam kategori “sedang” karena sudah ada beberapa siswa yang dapat melakukan e-learning disekolah. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan data yang telah di dapatkan sebagai berikut: SMK Negeri 1 Kota Sukabumi sebanyak 349 siswa dengan presentase (40.01 %), SMK Negeri 2 Kota Sukabumi sebanyak 224 siswa dengan presentase (28.00 %), SMK Negeri 3 Kota Sukabumi sebanyak 110 siswa dengan presentase (12.06 %) dan SMK Negeri 4 Kota Sukabumi sebanyak 168 siswa dengan presentase (19.03 %). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan melalui e-learning siswa SMK Negeri Kota Sukabumi Tahun Pelajaran 2019/2020 dinyatakan dalam kategori paling banyak di SMK Negeri 1 Kota Sukabumi.


Kata kunci: Hasil belajar, PJOK, E-learning, SMK Neger



Keywords


Kata kunci: Hasil belajar, PJOK, E-learning, SMK Negeri.

Full Text:

PDF (Bahasa)

References


Azwar, Saifuddin (2016). Tes Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Dikdik Kiswantoko, M. Riski Adi Wijaya (2018). “Perbandingan Pemanasan Bermain dan Pemanasan Classic (Statis dan Dinamis) Terhadap Minat Dalam Pembelajaran Renang Gaya Dada Pada Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kota Sukabumi Tahun 2018”. Jurnal Seminar Pendidikan Jasmani. 65.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (2020). “Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus di Sease (Covid-19)”. 3. 11

M. Sahib Saleh (2020). “Survei Minat Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMPN 30 Makassar”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani 4 (1) 56-57.

Mohammad Yazdi (2012). “E-learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi”. Jurnal Ilmiah Foristek. 2 (1). 146-147.

M. Thobroni (2017). “Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik”. AR-RUZZ MEDIA.

Sarifudin, Hanif Evendi (2020). “Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Penjas Siswa Kelas VII A SMPN 4 Kragilan Menggunakan Problem Based Learning”. Jurnal Mitra Pendidikan (JPM Online). 4 (1), 3.

Siti Shofiyah (2016). “Pengaruh Penggunaan Android dan E-learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII Kapanjen Malang”. Lampiran 1 Angket Penelitian 102-103.

Sugiyono (2017). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v6i1.6293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.