Metode Part Method dan Whole Method dengan Aplikasi Kinovea dalam Meningkatkan Pembelajaran Atletik Dasar
Abstract
This study aims to improve the abilities of PKO UBJ students by using the part method and the whole method with the kinovia application on the ability of running techniques. This study uses an exclusive research method with 2 cycles in the implementation of the research. Based on the results of the cycle I test conducted by the researcher, it can be concluded that the average score obtained by students during the initial phase of the test was 78,35. The average for the main phase ability results was 69.83 and the average results for the final phase of students' ability was 67,59. The results obtained by researchers on student abilities have increased but are still in the poor category. Then the researchers continued in cycle II by providing additional training so that the results of the assessment carried out by the researcher were an increase in the second cycle of students' running technique abilities with the results for the initial phase ability an average of 88.24. For the main phase ability results in cycle II with an average of 89.03. The results of the phase ability in the second cycle, the average value obtained by students was 87.8.
Keywords: Partmethod, Wholemethod, Kinovea, Atletik Dasar
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa PKO UBJ dengan mengunakan metode part method dan whole method dengan aplikasi kinovia pada kemampuan teknik lari jarak pendek. Penelitian ini mengunakan metode eksain riset dengan 2 siklus dalam pelaksanaan penelitian. Berdasarkan dari hasil tes siklus I yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahawa nilai rata – rata yang diperoleh mahasiswa pada saat tes fase awal adalah 78,35. rata – rata pada hasil kemampuan fase utama 69,83 dan rata- rata hasil kemapuan fase akhir masiswa adalah 67,59. Hasil yang diperoleh oleh peneliti terhadap kemampuan mahasiswa sudah ada peningkatan tetapi masi dalam kategori kurang. Maka peneliti melanjukan pada siklus II dengan memberikan tambahan latihan sehingga diperoleh hasil Penilaian yang dilakukan oleh peneliti terdapat peningkatan pada siklus II terhadap kemampuan teknik lari mahasiswa dengan hasil untuk kemampuan fase awal rata – rata 88,24. Untuk hasil kemampuan fase utama pada siklus II dengan rata- rata 89,03. Hasil kemampuan fase akhir pada siklus II nilai rata – rata yang diperoleh siswa 87,8. Berdasarkan hasil peneliti pada siklus II dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan mahasiswa dalam melakukan keterampilan teknik lari dan hasil yang diperoleh suda dalam kategori baik.
Kata kunci: Partmethod, Wholemethod, Kinovea, Atletik Dasar
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa)References
Harsono. (2017). Periodisasi Program Pelatihan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, H. E. (2010). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Purnomo, E., & Dapan. (2011). Dasar-dasar Gerak Atletik. Yogyakarta: Alfamedia.
Rizka, Y., Riyanto, & Turdjai. (2019). Penerapan part-whole method untuk meningkatkan kerjasama tim dan kemampuan servis pendek. Jurnal Imliah Teknologi Pendidikan, 8(1), 22–33.
Ronnie, Dani,M. (2005). Kiat mengatasi ganguan belajar. Yogyakarta :Katahati
Susiono, R. (2012). The secret of mind and body unification. Jakarta: Garuda Indonesia Perkasa.
Tokan, P., Ratu, & Ile. (2016). Sumber Kecerdasan Manusia. Jakarta: PT. Garuda Widiasarana Indonesia.
Tunireja, T., Pujiati, I., & Nyata. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.
Wiarto, G. (2013). Atletik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yanuarti, N. (2016). Penerapan Metode Bagian dan Metode Keseluruhan (Part Method and Whole Method) dalam Pembelajaran Penjas untuk Meningkatkan Kemampuan Konsep Gerak Anak Tunanetra Kelas IV di SLB-A Yaketunis Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v6i1.6883
Refbacks
- There are currently no refbacks.