Penerapan Model Pembelajaran Kinestetis Bagi Anak SD SLB Tunagrahita di Kota Pontianak Kalimantan Barat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Menguji pengaruh permainan bowling ceria pada anak tunagrahita SD SLB di kota pontianak. Yang mana berdasarkan wawancara dan observasi dapat disimpulkan bahwa model aktivitas jasmani siswa tunagrahita khususnya masih kurang optimal dikarenakan kurang variasinya aktivitas jasmani yang dilakukan siswa. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pre eksperimental yaitu menggunakan one group pretest dan posttest.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan menggunakan beberapa uji prasyarat sebelum dilakukannya uji pengaruh dari model pembelajaran tersebut. Berdasarkan hasil uji statistik variabel diperoleh nilai uji-t diperoleh thitung = 31,647. Nilai ttabel dengan taraf kepercayaan = 0,05, dk = (n-1) = 18 – 1 = 17 diperoleh nilai sebesar 2,1098. Dengan demikian thitung lebih besar dari ttabel (thitung = 31,647 > ttabel = 2,093). Berdasarkan kriteria pengujian bahwa jika thitung > ttabel pada α=0,05 dk = 17, maka dapat dinyatakan terdapat pengaruh signifikan penerapan permainan bowling ceria terhadap kemampuan motorik siswa tunagrahita.
Full Text:
PDF (bahasa)References
Al Irsyadi, F. Y., Sholihah, S. L. M., & Sudarmilah, E. (2016). Game Edukasi Merawat Diri Untuk Anak Tunagrahita Tingkat Sekolah Dasar Berbasis Kinect Xbox 360. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer.Vol 7, 2, 693-700, https://doi.org/10.24176/simet.v7i2.783.
Arifin, Z., & Anita, N. (2016). Pengaruh Modifikasi Permainan Lempar Tangkap Bola Terhadap Koordinasi Gerak Manipulatif Anak Tunagrahita Ringan Siswa Smplb-C Alpha Kumara Wardhana II Surabaya. Jurnal Kesehatan Olahraga. Vol 7, 3, 35-39, https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13530.
Artanty, A., & Lufthansa, L. (2017). Pengaruh Latihan Lari 15 Menit Terhadap Kemampuan VO2MAX. Jurnal Jendela Olahraga. Vol 2, 2, 9-19,. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13530
Astuti, Y. (2017). Pengaruh Metode Drill dan Metode Bermain Terhadap Keterampilan Bermain Bola Voli Mini (Studi Eksperimen Pada Siswa SD Negeri 14 Kampung Jambak Kecamatan Koto Tangah Kota Padang). Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI. Vol 4, 1, 01-16, https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1276
Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan jasmani dan olahraga pada lembaga pendidikan di Indonesia. Publikasi Pendidikan. Vol VI, 3, 156-167 https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2270
Darma, I. P., & Rusyidi, B. (2015). Pelaksanaan sekolah inklusi di Indonesia. Prosiding penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Vol 2, 2, 147-300 https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13530
Eta Yuni Lestari, S. S. dan N. I. (2017). Pemenuhan hak bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Semarang Melalui implementasi convention on the rights of persons with disabillities (Cprd) dalam bidang pendidikan. Integralistik. Vol 2, 1, 01-16, https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1276
Rahim, A., & Taryatman. (2018). Pengembangan Model pembelajaran pendidikan jasmani adaptif bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklusif Kota Yogyakarta. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD.An. Vol 2, 2, 140-150 https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13530
Rohmah, N. (2016). Bermain dan pemanfaatannya dalam perkembangan anak usia dini. Jurnal Tarbawi. Vol 2, 2, 110-120, https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13530.
Utama, A. M. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Vol 8, 1, 1-9. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13530
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R& D. Alfabeta: Bandung
DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v6i2.7086
Refbacks
- There are currently no refbacks.