Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Aktivitas Gerak Berirama Siswa Kelas V Melalui Google Meet Dengan Memanfaatkan Video Pembelajaran Saat Pandemi Covid-19

Mashud Mashud, Nur Ihwanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui  apakah pemanfaatan video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi google meet di masa pandemi covid-19 dapat meningkatkan hasil belajar  pada materi aktivitas gerak berirama pada siswa kelas V SDN 2 Loktabat Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini  adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), dengan model Kemmis dan Taggart (perencanaan, pelaksanaan tindakan,pengamatan dan refleksi ). Yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas V-A SDN 2 Loktabat Selatan yang berjumlah 27 siswa.  Instrumen pengumpulan data berupa tes ( pilihan ganda) dan nontes (observasi). Data keseluruhan berupa data kuantitatif kemudian dianalisis secara deskriptif menggunakan rumus prosentase. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus satu ke siklus dua. Siklus I diperoleh nilai afektif sebesar 67%  kemudian di siklus II meningkat sebesar 93%, pada nilai kognitif siklus I sebesar 52%  kemudian di siklus II meningkat sebesar 89%, pada nilai psikomotorik siklus I sebesar 56%  kemudian di siklus II meningkat sebesar 93%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan google meet dengan memanfaatkan video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar aktivitas senam berirama  siswa peserta didik kelas V SD Negeri 2 Loktabat Selatan.


Keywords


Hasil belajar, gerak berirama, video pembelajaran, google meet.

Full Text:

PDF (bahasa)

References


Alchamdani, A., Fatmasari, F., Rahmadani Anugrah, E., Putri Sari, N., Putri, F., & Astina, A. (2020). The Impact of Covid19 Pandemic on Online Learning Process in the College at Southeast Sulawesi. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 12(1), 129–136. https://doi.org/10.20473/jkl.v12i1si.2020.129-136

Asri, A., & Haeril, H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division) Terhadap Kemapuan Dasar Senam Rhytmik. Jendela Olahraga, 6(1), 89–96. https://doi.org/10.26877/jo.v6i1.6938

Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs, 96–102.

Hamzah, B, U. (2012). Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.

Hudah, M., Widiyatmoko, Fajar, A., Pradipta, Galih, D., & Maliki, O. (2020). Analisis Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Masa Pandemi Covid-19 Di Tinjau Dari Penggunaan Media Aplikasi Pembelajaran Dan Usia Guru. Jurnal Porkes, 3(2), 93–102. https://doi.org/10.29408/porkes.v3i2.2904

Ifijeh, G., & Yusuf, F. (2020). Covid – 19 pandemic and the future of Nigeria’s university system: The quest for libraries’ relevance. 46, 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.acalib.2020.102226

Kartikawati, S., & Pratama, H. (2017). Pengaruh Penggunaan WhatsApp Messenger Sebagai Mobile Learning Terintegrasi Metode Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 2(2), 33. https://doi.org/10.25273/jupiter.v2i2.1797

Kemendikbud. Permendikbud No 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta.

Kemendikbud. Permendikbud No 37 tahun 2018 Tentang Kompetensi Dasar Pendidikan Dasar dan Menengah. , (2018). Jakarta.

Kurniyawati, R. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil BelajarAktivitas ritmik Dengan Dengan Menggunakan Media Pembelajaran AudioVisual Pada Peserta Didik Kelas IV AMRU SD AL-AZHAR. Universitas Sebelas Maret Surakarata.

Mashud, M., Warni, H., Arifin, S., Ferry, M., Pebriyandi, P., & Kristiyandaru, A. (2021). The application of discord as an effort to increase students’ wellbeing in physical education learning during the COVID-19 emergency. Journal Sport Area, 6(3), 335–348. https://doi.org/10.25299/sportarea.2021.vol6(3).6612

Nur, M., Pradipta, G. D., & Maliki, O. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pjok Siswa Kelas Ix Di Mtsn 2 Semarang Selama Pandemi Covid–19. Seminar Nasional …, 108–125. Retrieved from http://conference.upgris.ac.id/index.php/snk/article/view/1139

Pill, S., & Stolz, S. (2017). Exploring Australian secondary physical education teachers’ understanding of physical education in the context of new curriculum familiarisation. Asia-Pacific Journal of Health, Sport and Physical Education, 8(1), 67–79. https://doi.org/10.1080/18377122.2016.1272425

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar (III). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Santosa, Farah, H., Negara, Habibi, Ratu, P., & Samsul, B. (2020). Efektivitas Pembelajaran Google Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 3(1), 62–70. https://doi.org/10.36765/jp3m.v3i1.254

Sari, Ria, P., Tusyantari, Nabila, B., & Suswandari, M. (2021). Dampak pembelajaran daring bagi siswa sekolah dasar selama covis-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732

Surat Edaran No. 4 Tahun 2020 Tentang Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Carono Virus (COVID-19). , (2020).

Suyadi. (2012). Buku Panduan Guru Profesional: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Yogyakarta: Andi.

Syafruddin, M. A., & Herman, H. (2021). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Kecerdasan Emosi Siswa SMK N 2 Somba OPU Kabupaten Gowa. Jendela Olahraga, 6(1), 97–105. https://doi.org/10.26877/jo.v6i1.6889

Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidikan dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Wahyuni, Nur, V. (2021). Efektifitas penggunaan goole meet dalam pembelajaran daring terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Al-Islam Plus Krian Sidoarjo. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Wiguna, Alfikri, S. (2017). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Guling Belakang Pada Mahasiswa STKIP Kusumanegara. Jendela Olahraga, 2(2), 49–58. https://doi.org/10.26877/jo.v2i2.1702

Wijayanto, A. (2020). BUNGA RAMPAI : Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Selama Pandemi Covid-19. In Pemanfaatan Teknologi Virtual Learning pada Perkuliahan Olahraga Outbond Selama Gempuran Covid-19.




DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v7i1.8604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.