METODE ACTIVITY BASED MANAGEMENT (ABM) UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI SMK SORE PONOROGO
Yuli Lapansari, Yusuf Yusian Septianto Saleh, Roufi’ul Mustafidah, Mamba’ul Ngadimah
Abstract
Dalam menjalankan proses pendidikan di lembaga pendidikan Islam, salah satu faktor penting adalah manajemen pembiayaan. Manajemen pembiayaan berfungsi sebagai perencanaan, pelaksanaan, kontrol, serta evaluasi terkait proses keuangan di lembaga pendidikan Islam. Activity Based Management merupakan pendekatan yang memfokuskan perhatian manajemen pada aktivitas yang dilakukan untuk meningkatkan nilai pelanggan dan memberikan keuntungan yang diperoleh dari nilai tersebut. Efisiensi dapat dilakukan dengan tepat apabila kebijakan yang diambil didasarkan pada hasil pengamatan dan realita di lapangan sehingga program yang ditetapkan bisa berjalan dengan optimal. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa penganggaran berbasis Acitivity Based Management (ABM) dalam meningkatkan efisiensi pembiayaan pendidikan di SMK Sore Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan dengan kualitatif deskriptif yang berusaha untuk menjelaskan dan memaparkan temuan di lapangan dan dikaitkan dengan teori yang ditemukan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) SMK Sore Ponorogo sudah menerapkan metode Acitivity Based Manajement (ABM) (2) Berdasarkan penerapan metode Activity Based Management (ABM) ditemukan adanya aktivitas yang tidak bernilai tambah sehingga perlu diminimalisir (3) Setelah diterapkan ABM dapat ditemukan efisiensi biaya setelah pengurangan aktivitas sehingga ditemukan kestabilan biaya.
Kata Kunci: pembiayaan, efisiensi, manajemen pendidikan.